April Naik, Penjualan Honda Selama Empat Bulan Masih Jeblos

Honda Brio RS-dok.Motoris


Jakarta, Motoris – Sepanjang bulan April kemarin, PT Honda Prospect Motor (HPM) membukukan penjualan mobil ke konsumen (ritel) 10.189 unit. Jumlah penjualan itu naik 1,38% dibanding dengan yang dibukukannya selama bulan Maret.

Dengan demikian, total penjualan ritel secara kumulatif dari Januari hingga April yang dikoleksi Honda Indonesia telah mencapai 33.323 unit. Sebab, seperti terlihat di data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang tiga bulan sebelumnya, total penjualan ritel yang berhasil dikoleksi Honda sebanyak 23.134 unit.

“Tren penjualan kami masih positif dan kami akan fokus untuk menjaga pasokan agar dapat secepatnya memenuhi permintaan konsumen,” ujar Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM, Yusak Billy, dalam keterangan resmi yang dirilis Kamis (6/5/2021) lalu.

Honda Mobilio versi terbaru – dok.Motoris

Namun, harus diakui, kinerja penjualan mobil yang ditorehkan oleh Honda di catur wulan pertama tahun 2021 ini masih jauh di bawah angka penjualan yang berhasil dicatatkan selama periode yang sama tahun-tahun sebelumnya. Artinya, penjualan ritel Honda masih jeblos sejak tahun 2018.

Fakta data berbicara, sepanjang empat bulan pertama tahun 2018, total penjualan ritel yang raup Honda masih sebanyak 58.238 unit. Lalu, di tahun 2019, pada kurun waktu yang sama, penjualan ritel yang dibukukan ambles menjadi 50.457 unit.

Honda BR-V yang dipasarkan di Indonesia – dok.Motoris

Tren anjlkoknya penjualan berlanjut di tahun 2020. Terlebih, gegara sengatan pandemi Covid-19, total penjualan ritel yang berhasil dibukukan selama tahun itu hanya 37.033 unit. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This