Kuartal Pertama: Honda Juara Penjualan di Thailand, Piaggio Nomor Tiga

Honda PCX 160 – dok.Honda


Bangkok, Motoris – Sepanjang Januari – Maret atau kuartal pertama tahun ini, penjualan sepeda motor di Thailand tercatat sebanyak 436.890 unit. Jumlah ini naik 1,4% dibanding penjualan yang terjadi selama periode sama tahun 2020, namun ambles 2,8% dibanding penjualan selama kuartal pertama 2019.

“Kendaraan bermotor roda dua merupakan industri mobilitas individu utama di Thailand dan hingga saat ini menjadi salah satu industri manufaktur domestik terbesar negeri itu. Hal ini dikarenakan lokalisasi pabrik sejumlah merek dunia, dan Thailand menjadi basis produksi untuk ekspor ke sejumlah negara,” tulis laman Motorcycles Data (MCD) dan The Business Journal, belum lama ini.

Thailand juga tercatat sebagai pasar sepeda motor terbesar keenam di dunia setelah Cina, India, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Sepanjang tahun 2020 lalu, total penjualan kendaraan bermotor roda dua di negeri ini tercatat sebanyak 1,5 juta unit atau merosot 9,7% dibanding tahun sebelumnya.

Yamaha XSR 155 di Thailand-dok.Istimewa

“Sementara, di kuartal pertama tahun 2020 itu, penjualan rontok 15,8% setelah badai pandemi menjalar di seluruh negeri. Dan kini, di tahun 2021, penjualan berangsur pulih dan naik 1,4% dibanding periode tiga bulan pertama 2020 itu,” bunyi keterangan asosiasi industri kendaraan roda dua Negeri Gajah Putih tersebut.

Data yang dihimpun MCD menunjukkan, sepanjang triwulan pertama tahun ini, merek asal Jepang – Honda – masih memegang tahta juara dengan penjualan sebanyak 344.322 unit. Jumlah ini naik 1,4% dibanding penjualan yang dibukukannya selama kurun waktu yang sama di tahun 2020.

Yamaha berada di urutan kedua, namun dengan jumlah penjualan yang jauh di bawah Honda. Angka penjualan yang dikoleksi merek berlambang garputala itu hanya 64.765 unit. Padahal, angka itu sudah naik 3,1% dibanding penjualan di rentang waktu yang sama tahun lalu.

Ilustrasi, Vespa Prima Vera Picnic Edition diluncurkan di Indonesia-dok.Piaggio Indonesia

Merek asal Italia, Piaggio bercokol di posisi ketiga. Pabrikan yang terkenal dengan produk skuternya itu membukukan penjualan sebanyak 8.271 unit, atau naik 9,1% dibanding jumlah yang dikantonginya selama tiga bulan pertama 2020.

Sementara merek lokal Thailand – yakni GPX – di periode itu membukukan kenaikan penjualan hingga 87,2%. Adapun merek BMW, Royal Enfield, Kawasaki, Peugeot dan Ducati mencatatkan jebloknya penjualan. (Sut/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This