Krisis Chip: Toyota Istirahat Produksi Yaris, Yaris Cross, dan C-HR

Produksi mobil Toyota Yaris di Jepang – dok.Toyota via Nikkei


Tokyo, Motoris – Toyota Motor Corporation (Toyota), Selasa (18/5/2021) menyatakan akan mengentikan sementara kegiatan produksi di dua pabriknya yang berada di Iwate dan Miyagi – Jepang bagian Timur – karena kekurangan chip (semikonduktor). Pengentian sementara kegiatan produksi itu berlangsung tiga dan lima hari, yang dilakukan pada bulan Juni nanti.

Seperti dilaporkan Reuters dan Nikkei, Rabu (19/5/2021), Juru Bicara Toyota mengatakan pabrik Iwate yang memproduksi Toyota C-HR akan ditutup sementara selama lima hari. Sedangkan pabrik Miyagi yang membuat Toyota Yaris dan Toyota Yaris Cross diistirahatkan selama tiga hari.

Penghentian sementara produksi itu, membawa konsekwensi berupa berkurangnya jumlah produksi – dari jumlah total produksi selama setahun yang ditetapkan perusahaan – hingga 20.000 unit. Jumlah tersebut kurang dari 1% jumlah produksi Toyota di domestik Jepang sepanjang tahun fiskal 2020/2021 yang berakhir Maret lalu.

Seperti dinyatakan oleh pabrikan yang dinahkodai Akio Toyoda itu, di sepanjang tahun fiskal tersebut Toyota telah memproduksi sebanyak 2,91 juta mobil.

Kantor pusat Toyota Motor Corporation di Aichi Prefecture, Jepang – dok.Bloomberg via Japan Times

Sebelumnya, Chief Financial Officer Toyota – Kenta Kon – dalam pernyataan resmi yang dikutip Associated Press, belum lama ini, mengatakan perusahaannya memproyeksikan keuntungan sepanjang tahun fiskal 2021/2022 yang akan berakhir Maret 2020 nanti mencapai 2,3 triliun yen. “Kami berharap, penjualan di Jepang dan di luar akan pulih seperti sebelum pandemi Covid-19,” kata dia.

Total penjualan Toyota – yang meliputi merek Toyota dan Lexus – di sepanjang tahun fiskal itu diproyeksi mencapai 9,6 juta unit. Naik dari realiasi penjualan selama tahun fiskal 2020/2021 yang sebanyak 9,1 juta unit. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This