Begini Rapor Penjualan Kia dan Hyundai di RI, Empat Bulan Pertama Tahun Ini

Kia Sonet-dok.Motoris


Jakarta, Motoris
– Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat sepanjang empat bulan pertama (Januari hingga April) tahun ini, penjualan mobil kendaraan bermotor roda empat atau lebih (mobil) ke konsumen (ritel) mencapai 257.953 unit. Jumlah ini naik 5,9% dibanding angka penjualan ritel yang dibukukan selama periode sama tahun 2020.

Sejumlah merek terbukti membukukan peningkatan penjualan yang signifikan dibanding periode yang sama tahun 2020. Maklum di empat bulan tahun lalu, kondisi pasar otomotif Indonesia mengalami “shock” setelah badai wabah virus corona (pandemi Covid-19) mulai menghantam Tanah Air.

Di antara merek-merek yang membukukan kenaikan penjualan ritel itu adalah mobil asal Korea Selatan, Kia Motors dan Hyundai Motors. Tercatat, di catur wulan pertama itu, mobil merek Kia – yang terdiri dari Kia Rio, Kia Picanto, Kia Seltos, dan Kia Sonet – yang dijajakan oleh PT Kreta Indo Artha (Indomobil Group) terjual ke konsumen sebanyak 1.001 unit.

Kia Seltos, – dok.Istimewa

Jumlah penjualan ritel Kia ini melonjak hingga 79,6% jika dibanding angka penjualan yang dibukukan selama empat bulan pertama tahun sebelumnya. Saat itu, mobil Kia hanya laku sebanyak 204 unit.

Sementara Hyundai Motors, selama rentang waktu yang sama di tahun 2021 ini, melego 633 unit ke konsumen. Jumlah ini naik 53% dibanding penjualan yang dibukukannya selama empat bulan pertama tahun 2020, yang sebanyak 295 unit.

Sejumlah model dijajakan Hyundai Motors di Indonesia, di antaranyanya Hyundai Santa Fe, H-1, mobil listrik Hyundai Kona, mobil listrik Hyundai Ioniq, dan SUV premium Hyundai Palisade.

Peluncuran Hyundai New Santa Fe-dok.HMID_

Hanya memang, jika dibanding dengan merek-merek lain – atau bahkan dengan merek asal Cina – Wuling yang mulai masuk ke pasar Indonesia di pertengahan 2017 – angka penjualan Hyundai dan Kia ini masih jauh tertinggal.

Adapun di tahun 2020, selama setahun penuh, Kia membukukan penjualan ritel sebanyak 658 unit dengan pangsa pasar 0,1%. Sedangkan Hyundai (yang dijajakan oleh HIM) terjual ke konsumen sebanyak 581 unit dengan pangsa pasar 0,1%, dan yang dijual HMID sebanyak 181 unit dengan pangsa pasar 0,0%. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This