Terus Dicurigai Pemerintah, Penjualan Tesla di Cina Makin Melemah

Tesla Model 3 yang diproduksi di Cina yang kini telah diekspor ke Eropa- dok.Voice of America


Beijing, Motoris – Tindakan pemerintah Republik Rakyat Cina (Cina) yang mencurigai keberadaan perankat kamera dan sensor pada mobil Tesla bisa digunakan sebagai sarana untuk mata-mata atas berbagai hal di obyek vital negeri itu telah berdampak pada penjualan mobil listrik asal Amerika itu.

Terlebih, sebelumnya pemerintah negeri itu juga memperketat pengawasan terhadap produk baru Tesla seiring dengan meningkatnya keluahan pemilik atas aspek keamanan dan keselamatan mobil.

Seperti dilaporkan Reuters, Jumat (4/6/2021), sepanjang Mei kemarin penjualan Tesla di negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia itu (yakni 1,4 miliar jiwa lebih) merosot hampir setengah dibanding bulan sebelumnya. Laporan The Information yang dikutip kantor berita itu memperlihatkan, jika di bulan April penjualan masih sebanyak 18.000 unit lebih, di bulan Mei hanya 9.800 unit.

Mobil Tesla di Cina – dok.Reuters via Nikkei

Walhasil, nilai saham pabrikan yang dinahkodai Elon Musk itu menyusut hampir 5% pada bulan yang sama. Hanya, Tesla tak bersedia mengomentari penurunan penjualan di Cina tersebut.

Tetapi yang pasti, dua varian produl Tesla yakni Tesla Model 3 dan Tesla Model Y yang diprodyuksi di pabrik mi;ik Tesla di Shanghai, Cina, mulai 2019 itu merupakan mobil listrik favorit masyarakat Negeri Tirai Bambu itu. Cina selama ini menyumbang penjualan sebesar 30% ke total penjualan Tesla.

Namun, kebijakan pemerintah telah meluruhkan penjualan. Bahkan, kebijakan pemerintah Cina – yang diduga sebagai buntut dari ketegangan hubungan dengan pemerintah Amerika Serikat – yang melarang mobil Tesla parkir di fasilitas militer maupun kantor pemerintah sipil dikait-kaitkan dengan merosotnya kinerja penjualan itu.

Peluncuran Tesla Model Y yang dibuat di pabrik Tesla yang berlokasi di Shanghai Cina – dok.Istimewa via Electrive.com

Sekretaris Jenderal Asosiasi Industri Otomotif Cina (CPCA) Cui Dongshu, pada Maret lalu Tesla berhasil menjual 35.478 mobil. Tetapi di April sudah merosot, bahkan di bulan keempat itu penjualan dua model terlaris – yaitu Tesla mOdel 3 dan Model Y – hanya 11.571 unit. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This