Penjualan Ritel Toyota di Januari – Mei Menanjak ke 101.293 Unit

Toyota Raize 1.0 L Turbo yang kini dipasarkan di Indonesia-dok.Motoris


Jakarta, Motoris – Sepanjang lima bulan pertama tahun ini atau dari Januari hingga Mei lalu, sudah sebanyak 101.293 unit mobil Toyota di Indonesia yang terjual ke konsumen (ritel). Jumlah ini naik atau bertambah sebanyak 19.524 unit dibanding penjualan ritel pada periode sama tahun lalu.

Data yang yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, pada Januari hingga Mei tahun 2020 lalu, total penjualan ritel yang dibukukan Toyota baru sebanyak 81.769 unit dengan pangsa pasar 31,4%. Badai wabah virus corona (Covid-19) yang menerpa Indonesia sejak bulan Maret telah berdampak serius ke perekonomian nasional termasuk ke sektor otomotif.

“Kalau kita lihat tren pemulihan kondisi market (mobil) itu sudah terlihat di kuartal keempat tahun 2020 kemarin. Karena penjualan di periode itu meningkat 55,5% dibanding kuartal sebelumnya. Tren pemulihan itu berlanjut sampai sekarang. Apalagi, pemrintah juga memberikan stimulus relaksasi tax (penurunan tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah atau PPnBM),” ujar Executive Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, saat dihubungi di Jakarta, Selasa (8/6/2021).

Toyota All New Rush -dok.Auto2000

Menurut Henry, stimulus perpajakan tersebut cukup tokcer dalam mengungkit kinerja penjualan produk otomotif khususnya kendaraan penumpang roda empat di Tanah Air. Termasuk penjualan mobil Toyota.

“Pada Februari misalnya, sebelum ditetapkannya relaksasi (diskon tarif PPnBM) penjualan (ritel) kita (Toyota) masih 12.500-an unit. Sedangkan di Maret dan April (setelah ada diskon tarif PPnBM) sudah mencapai level 26.000-an unit,” kata Henry.

Pernyataan senada diungkap Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy. Selain dua hal – yakni kondisi perekonomian serta pasar otomotif roda empat yang membaik plus diskon tarif PPnBM – Toyota juga memiliki daya ungit lain, yakni hadirnya SUV kompak Toyota Raize.

Ilustrasi Toyota Kijang Innova versi terbaru – dok.Istimewa

Dia menyebut mobil yang diluncurkan pada 30 April 2021 itu, hingga tanggal 30 mei 2021 terpesan sebanyak 4.243 unit. “Tingginya respon customer (terhadap Toyota Raize, bukan semata-mata mobil baru saja. Tetapi memang karena ada value yang tinggi. Mulai dari desain, teknologi, fitur sehingga kenayaman dan keamanannya juga lebih,” ujar Anton. (Don/Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This