Gegara Ini, Empat Pabrik Hyundai di Korea Istirahat Produksi

Ilustrasi, logo Hyundai-dok.Bloomberg via Timeslive.co_.za_


Seoul, Motoris – Setelah di bulan Mei lalu menghentikan pabriknya di Tamil Nadu, India – selama lima hari mulai 25 Mei – menyusul ditemukannya dua orang pekerja terinfeksi virus corona, kini di Korea Selatan Hyundai Motor Company menghentikan sementara operasi empat dari tujuh pabriknya. Penghentian operasi dikarenakan kekurangan pasokan suku cadang utama.

Seperti dilaporkan Yonhap, Kamis (10/6/2021) pada hari itu Hyundai telah menyatakan empat pabrik yang istirahat berproduksi itu adalah pabrik yang ada di Ulsan, yakni kota yang berada di tenggara kota Seoul dan berjarak 414 kilometer dari ibukota negara tersebut. Di Ulsan, Hyundai memiliki lima pabrik.

“Penghentian semntara produksi ini karena kurangnya komponen mobil dari Hyundai Mobis Company. Beberapa pekerja Hyundai Mobis terinfeksi Covid-19, dan pasokan modul kokpit yang terganggu,” ujar Juru Bicara pabrikan itu saat dihubungi, Kamis(10/6/2021).

Ilustrasi, Hyundai Tucson – dok.Istimewa via Best Cars

Padahal, dalam beberapa pekan terakhir Hyundai juga sempat mengistirahatkan operasi pabriknya di domestik Korea menyusul langkanya pasokan cip atau semikonduktor. Pengaktifan kembali pabrik di Korea, disebut sangat tergantung pasokan dari Hyundai Mobis.

Hyundai diketahui memiliki 17 pabrik yang tersenar di Korea dan luar negeri. Di Korea ada tujuh unit yakni lima di Ulsan, satu di Asan dan satu di Jeonju.

Sedangkan di luar negeri ada 10 pabrik, yaitu empat di Cina dan masing-masing satu di Amerika Serikat, Republik Ceko, Turki, Rusia, India, dan Brasil. Kapasitas seluruh pabrik mencapai 5,5 juta unit. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This