Penjualan Honda ke Konsumen Selama Mei Merosot 16%

Ilustrasi, Honda Brio Satya, mobil terlaris Honda Indonesia sepanjang Januari 2021 – dok.Istimewa


Jakarta, Motoris
– Penjualan mobil Honda ke konsumen (ritel) sepanjang bulan Mei kemarin tercatat sebanyak 8.538 unit, atau merosot sekitar 16% dibanding penjualan ritel di bulan sebelumnya. Libur lebaran dan lainnya sepanjang bulan kelima itu disebut menjadi penyebabnya.

“Dibanding April, Mei itu tentu banyak hari libur nasional dan cuti bersama yang berpengaruh terhadap penjualan kendaraan,” kata Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy saat konferensi pers virtual perkenalan Honda N7X Concept, di Jakarta, Kamis (10/6/2021).

Menurut Billy, penurunan tidak hanya dialami Honda saja, tetapi juga sejumlah merek sehingga total penjualan secara nasional juga turun. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di bulan kelima itu total penjualan mobil ke diler (wholesales) hanya sebanyak 54.815 unit atau merosot hingga 30,5% dibanding wholesales April yang mencapai 78.908 unit.

Honda CR-V versi terbaru – dok.Istimewa

Sedangkan penjualan ritel selama bulan Mei sebanyak 64.302 unit, melorot 19,2% dibanding penjualan ritel di bulan April. Sebab di bulan keempat total penjualan ritel mencapai 79.607 unit.

Sementara total penjualan ritel secara kumulatif Januari hingga Mei, Honda mengoleksi angka penjualan sebanyak 41.861 unit. Dia bertengger di urutan ketiga setelah Toyota dan Daihatsu yang masing-masing mengantongi angka penjualan ritel sebanyak 101.293 unit dan 54.718 unit.

Namun, penjualan Honda di atas jumlah yang dikoleksi Mitsubishi Motors dan Suzuki. Di lima bulan pertama itu penjualan ritel Mitsubishi 39.077 unit dan Suzuki 33.656 unit.

Honda Mobilio versi terbaru – dok.Motoris

Soal model yang menyumbang penjualan terbanyak – baik di bulan Mei maupun kumulatif lima bulan – Yusak Billy menyebut Honda Brio. “Januari hingga Mei, ke satu masih Honda Brio, kedua HR-V, dan ketiga CR-V,” ucap dia. (Dam/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This