Ini Penyebab Ekspor Mobil RI Jauh Tertinggal Thailand

Produksi mobil di Thailand untuk pasar domestik dan ekspor di Thailand – dok.The Thaiger


Jakarta, Motoris – Meski jumlah penduduknya jauh di bawah Indonesia – berdasar data Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) PBB, sebanyak 69 juta jiwa dan Indonesia 271 juta jiwa – namun soal ekspor mobil Thailand masih jauh di atas Indonesia. Meski pasar mobil kedua negara juga lunglai setelah diterpa dampak wabah virus corona.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat ekspor ekpsor mobil dalam wujud utuh Indonesia sebanyak 102.740 unit. Jumlah ini naik dibanding ekspor selama periode sama tahun 2020 yang sebanyak 89.730 unit.

Sementara, di saat yang sama, data Federation of Thai Industries (FTI) yang dilansir Reuters belum lama ini memperlihatkan, ekspor mobil Thailand mencapai 310.988 unit. Jumlah ini naik 14,9% dibanding ekspor di periode yang sama tahun 2020.

Toyota Hilux versi terbaru di Australia. Mobil ini diimpor dari Thailand secara utuh – dok.Carscoops

Tertinggalnya Indonesia dalam hal ekspor mobil oleh Thailand, menurut Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto, dikarenakan tidak klopnya antara jenis mobil yang dibuat pabrikan mobil di Tanah Air dengan kebutuhan pasar. “Pasar internasional itu paling banyak permintaannya itu SUV yang hampir 35%. Lalu ada sedan dan hatchback. Nah, MPV itu hanya 6,1%,” kata dia saat dihubungi di Jakarta, Jumat (18/6/2021).

Sementara di Indonesia, pangsa pasar MPV yang terbesar yakni 51%. Kemudian mobil murah ramah lingkungan (LCGC) 21%, dan sisanya lain-lain.

Mitsubishi Xpander mobil asal Indonesia yang diimpor Vietnam-dok.Vietnam-Express

“Padahal, prinsipal untuk investasi membuat produk kan juga berprinsip efisiensi. Artinya, mobil yang diekspor juga mobil yang terserap di pasar domestik. Dari sinilah, tentu Thailand yang berpeluang besar,” kata Jongkie.

Menurut dia, produksi mobil di Thailand saban tahunnya berkisar 1,9 juta unit – 2,1 juta unit. Dari jumlah itu, 600.000 terserap di pasar domestik, dan sisanya diekspor. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This