AISI Prediksi Penjualan Motor di RI Tembus 4,6 Juta Unit

Ilustrasi, proses produksi sepeda motor Honda di Indonesia – dok.AHM


Jakarta, Motoris – Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) memperkirakan penjualan sepeda motor di Tanah Air sepanjang tahun 2021 ini mencapai 4,3 juta – 4,6 juta unit. Proyeksi ini meningkat dibanding pencapaian penjualan sepanjang tahun 2020 yang sebanyak 4,3 juta unit.

“Kami yakin beberapa program pemulihan ekonomi dan program vaksinasi massal dapat meningkatkan tingkat kepercayaan dan daya beli konsumen, serta berdampak positif pertumbuhan penjualan sepeda motor tahun ini,” papar Ketua Bidang Niaga AISI Sigit Kumala dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Jumat (18/6/2021).

Sepanjang Januari – Mei lalu, AISI mencatat total penjualan kendaraan roda dua di pasar domestik mencapai 2.021.532 unit. Jumlah ini meningkat 17,8% dibanding realisasi penjualan sepajang kurun waktu yang sama tahun lalu, yang sebanyak 1.716.097 unit.

Suzuki Nex Cross – dok.Istimewa

Menurut Sigit kondisi pasar sepeda motor saat ini telah membaik dibanding periode saat awal pandemi merebak di negeri ini. Dia menyebut contoh penjualan selama bulan Mei 2020 yang hanya berkisar 21.000-an unit.

Sementara selama lima bulan pertama tahun ini, merek-merek kendaraan bermotor roda dua di Tanah Air gencar menstimulasi pasar dengan memperkenalkan beberapa model motor baru. Motor tersebut mulai dari segmen sport, naked bike, matic, offroad hingga retro. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This