Mulai Tahun 2026 Audi Hanya Jual Mobil Listrik

Audi e-tron GT quattro 2022 – dok.Green Car Reports


Frankfurt, Motoris – Audi AG – yang merupakan bagian dari Volkswagen Group – menyatakan akan berhenti berjualan mobil bermesin pembakaran internal (atau mobil konvensional) – baik mesin berbahan bakar bensin maupun diesel – mulai tahun 2026 nanti. Bahkan, mobil hybrid pun sudah tidak akan dijual lagi.

Seperti dilaporkan Reuters, Sabtu (19/6/2021) informasi itu diungkap media Jerman, Sueddeutsche Zeitung yang mengutip pernyataan Chief Executive Officer Audi, Markus Duesmann belum lama ini. Kepada perwakilan serikat pekerja dan manajer puncak pabrikan, Markus sejak tanggal yang ditetapkan di tahun 2026 itu dan seterusnya tidak ada lagi model konvensional maupun hybrid yang dibuat pabrikan.

Hanya, hingga berita ini diturunkan Reuters belum berhasil meminta konfirmasi dari Juru Bicara Audi. Namun yang pasti, langkah Audi juga menyesuaikan dengan tren yang terjadi di dunia – terutama di pasar Eropa dan Cina yang merupakan pasar terbesar – yang mengarah ke kendaraan listrik.

Logo Audi – dok.Reuters

Sementara itu, hasil riset EV Sales yang dikutip Seeking Alpha menunjukkan sepanjang catur wulan pertama tahun ini atau dari Januari hingga April, Audi menempati posisi ketujuh dari 36 pabrikan dunia yang menjual mobil listrik terbanyak sejagat. Dari total penjualan sebanyak 1.519.566 unit, Audi menjual sebanyak 47.515 unit mobil listrik.

Sedangkan khusus di bulan April saja, total penjualan yang dibukukan seluruh merek sebanyak 392.498 unit. Pada bulan tersebut Audi menjual sebanyak 13.438 unit.

“Namun yang perlu dicatat, dari total penjualan mobil istrik dunia di empat bulan pertama ini, yang merupakan mobil listrik murni atau baterai sebanyak 64%. Selebihnya hybrid, PHEV, dan fuel cell atau listrik berbahan bakar hidrogen,” bunyi keterangan EV Sales.

Audi Q4 e-tron Sportback-dok.Clean-Technica

Audi yang bermarkas di Ingolstadt, Jerman, ini terus menambah portofolio model berteknologi listrik. Pada bulan Februari lalu dia menggelontorkan seri Audi e-tron GT, dan di pertengahan April model Audi Q4 e-tron disodorkan ke pasar.

Walhasil, hingga kini sudah ada empat model baru berteknologi listrik yang disajikan Audi, Mereka adalah, Audi e-tron GT quattro, RS e-tron GT, Q4 e-tron, dan Q4 Sportback e-tron. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This