Bos Besar Nissan Pastikan Pabrikan Tetap Produksi Sedan

Nissan Skyline – dok.Istimewa


Tokyo, Motoris – Setelah sebelumnya isu yang menyebut Nissan bakal menghentikan produksi sedan di negeri sendiri – Jepang – marak beredar, Chief Executive Offocer (CEO) Makoto Uchida akhirnya angkat bicara. Dia memastikan pabrikannya tetap akan memproduksi sedan di domestik Jepang.

Seperti dilaporkan Tokyo Business Insight dan laman resmi pabrikan yang dikutip laman Autoindustriya, Selasa (22/6/2021), Uchida menyampaikan hal itu ketika ditanya oleh pemegang saham pabrikan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Nissan ke-122 di Tokyo, Jepang, Selasa (22/6/2021). Saat itu seorang pemegang saham meminta kepasatian kepadanya soal kabar yang menyebut Nissan akan menghentikan produksi dan penjualan sedan di negeri sendiri.

Dia mengatakan telah mendapat kabar dari laporan yang ditulis oleh Nikkei Asia yang mengutip pernyataan sumber di perusahaan pemasok utama komponen Nissan. Alasannya, penjualan sedan kian terpuruk di Jepang karena tergusur oleh crossover/SUV.

Ilustrasi, Nissan Sylphy 2020 yang dijual di Cina – dok.Istimewa

Sang pemegang saham juga mengaku bisa memahami jika Nissan perlu memangkas jumlah model yang diproduksinya demi efisiensi, meski juga percaya bahwa sedan masih bisa memainkan peran besar di pasar. Apalagi, di sejumlah pasar di luar negeri, dimana sedan empat pintu Nissan Sylphy masih populer di pasar seperti Amerika Tengah, Amerika Latin, dan Asia.

“Ya memang benar penjualan sedan sedang lesu. Tapi sedan ini (yaitu Skyline, Cima, Fuga) merupakan simbol dari merek Anda (Nissan). Karena itu Anda memiliki nilai produk. Dengan teknologi e-Power (teknologi elektrifikasi), dapat berperan dalam memperluas basis penggemar e-Power lebih lanjut, ”kata pemegang saham tersebut.

Menanggapi hal itu Makoto Uchida dengan tegas menjawab bahwa perusahaan tidak mengambil kebijkan menghentikan produksi sedan. Bahkan proses pengembangannya pun masih dilakukan.

Sedan-Nissan-Almera-yang-diproduksi-di-pabrik-Nissan-yang-berlokasi-di-Santa-Sora-Laguna-Filipina-dok.Istimewa-via-Autoindustriya

“Kami tidak membuat keputusan seperti itu (menghentikan pengembangan maupun produksi). Kami tidak berniat menangguhkan pengembangan model ini di pasar domestik Jepang. Mengenai model individu, kami tidak dapat membahasnya secara detil pada saat ini,” kata Uchida.

Tak terkecuali sedan ikonik Nissan Skyline. Uchida memastikan tetap akan terus menjaga kehidupan Nissan Skyline di Negeri Matahari tersebut itu. Bahkan, tidak hanya satu model saja sedan Nissan yang masih terus diproduksi, melainkan ada sejumlah nama, termasuk Nissan Skyline.

Terlebih, kata dia, Skyline telah memiliki basis penggemar dan pengguna yang sangat banyak selama bertahun-tahun. “Merek ini merupaka aset penting bagi perusahaan seperti halnya Nissan Fairlady Z dan GT-R, ini semua adalah driver merek untuk perusahaan,” ujar Uchida.

Makoto Uchida, CEO Nissan – dok.Kyodo News via Associated Press

Meski dia tak menampik kinerja penjualan sedan Nissan terus mengalami tekanan dan menurun. Namun, hal itu bukan berarti menjadi sebuah dasar produksi dan penjualan harus dihentikan. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This