BYD Makin Menjadi di Pasar Bus Listrik Jepang

Bus listrik BYD yang jadi bus perusahaan penerbangan ANA Jepang-dok.Nikkei via Bus News


Tokyo, Motoris – BYD Automobile Co Ltd – pabrikan otomotif asal Shenzhen, Guangdong, Cina – yang mulai menjual bus listrik buatannya di Jepang beberapa bulan lalu, telah melego 50 unit. Kini, pabrikan mulai memperkuat kehadiran dan penjualan di negeri itu.

Seperti dilaporkan Nikkei dan Bus News belum lama ini, BYD mematok target penjualan di Negeri Sakura itu telah mencapai 4.000 unit di tahun 2030 nanti. Tak hanya itu, model, kualitas, hingga dimensi maupun gaya desain juga disesuaikan dengan selera pasar Jepang.

“Bus listrik akan memasuki fase popularisasi di Jepang,” ujar Executive Vice President BYD Jepang, Shinsaku Hanada.

Dia menyebut BYD akan meningkatkan infrastruktur layanan penjualan dan purna jual di negeri itu seiring dengan tumbuhnya permintaan unit. Kini, jaringan BYD di Jepang baru 20 mitra, dan semua telah dilengkapi layanan pemelihaan maupun perbaikan serta mekanik.

Ilustrasi, bus listrik buatan BYD, e-Bus-12- dok.Istimewa

Jumlah jaringan itu ditargetkan mencapai 200 hingga 300 di seantero Jepang. BYD juga berjanji akan mengerahkan kemampuan telematika untuk manajemen armada nirkabel, termasuk memantau lokasi kendaraan, serta kondisi daya baterai dari unit-unit yang dioperasikan.

Program percontohan pengeloaan bus seperti itu sudah dilakukan pada tahun 2020 lalu pada bus-bus yang dioperasikan oleh anggota grup Michinori Holdings. Perusahaan menggunakan bus Aizu, yang beroperasi di Prefektur Fukushima.

“Ke depan, kendaraan baru akan menggunakan teknologi telematika yang ditingkatkan kemampuannya untuk meningkatkan efisiensi,” ujar Hanada.

Bus listrik K8 buatan BYD yang dijual di Jepang – dok.Daydaynews.cc

Kuasai 70% pasar
Meski terbilang pemain baru, namun BYD telah menguasai 70% pasar bus listrik di Negeri Matahari terbit itu. Rencananya, tahun depan BYD akan merekrut banyak karyawan baru, sehingga jumlahnya akan bertambah dari 30 orang saat ini menjadi 100 orang di tahun 2022.

Salah satu keunggulan bus BYD yang terus digaungkan adalah efisiensi. Bus BYD dilengkapi dengan titik pengisian CHAdeMO dan yang beroperasi sehari penuh dengan biaya yang murah.

Bus listrik besar buatan BYD-dok.Electrive

Jika dihitung-hitung biaya pengecasan daya 20% lebih murah dibanding biaya mengisi bahan bakar bus bermesin diesel. Harga bus-bus setrum itu diperkirakan juga akan turun lebih jauh karena seiring dengan semakin banyaknya operator bus yang menggunakannya. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This