Ternyata, Populasi Mobil Listrik di Cina Sudah 4,93 Juta

Mobil listrik Xpeng P7 buatan Xpeng Motors yang dipamerkan di hajatan Guangzhou Motor Show 2019 lalu – dok.InsideEVs.com


Beijing, Motoris – Kementerian Keamanan Nasional Cina menyebut jumlah mobil ramah lingkungan yang di negara itu disebut sebagai New Energy Vehicle (NEV) – yang terdiri dari mobil berbahan bakar gas alam, plug-in hybrid, mobil listrik berbahan bakar hidrogen (FCEV), hingga mobil listrik murni (baterai) – mencapai 6,03 juta unit lebih. Jumlah itu setara dengan 2,06% dari total jumlah seluruh jenis mobil yang ada di negeri itu.

Menariknya, seperti dilaporkan China Daily dan The People Daily, akhir pekan lalu, dari total populasi mobil ramah lingkungan (NEV) itu ternyata mayoritas mobil listrik murni (baterai/BEV). “Dari total NEV itu sekitar 81,68% merupakan mobil listrik murni atau sebanyak 4,93 juta unit,” bunyi pernyataan kementerian tersebut.

Hanya, tidak disebut total populasi ini dari tahun berapa, hingga tahun kapan. Tetapi, yang pasti, batasan di negeri berpenduduk terbanyak didunia (1,43 miliar jiwa) ini menetapkan, mobil yang digunakan usianya tak boleh lebih dari 10 tahun.

SUV listrik besutan pabrikan lokal Cina, Nio saat dipamerkan – dok.Bloomberg

Data yang dirilis Asosiasi Produsen Mobil Cina (CAAM) memperlihatkan saat ini tidak kurang dari 736 model mobil penumpang – baik konvensional maupun listrik – yang bertarung di pasar Negeri Panda tersebut. Dari jumlah ini, 22 model mobil listrik.

Kementerian Keamanan Nasional memperlihatkan hingga Junit atau hingga semster pertama tahun ini, jumlah mobil yang dioperasikan di Jepang tercatat sebanyak 384 juta unit. Selama semster pertama saja, jumlah mobil baru yang terjual di negara ini sebanyak 18,71 juta unit.

Tesla Model 3 yang diproduksi di Cina yang kini telah diekspor ke Eropa- dok.Voice of America

Jumlah penjualan ini meningkat 32,33% dibanding periode sama tahun lalu. Total kendaraan penumpang hingga bulan Juni mencapai 252 juta unit, dimana 233 juta unit di antaranya merupakan mobil pribadi. Selebihnya, kendaraan angkutan barang sebanyak 31,91 juta unit. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This