Ekspor Truk dan Bus di Semester I Tahun Ini, Hino Juaranya

Ilustrasi, truk ringan Hino – dok.Motoris


Jakarta, Motoris – PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) – anak perusahaan Pelindo II – dalam laporan kegiatan bongkar muat produk impor dan ekspor di di Terminal IPCC Tanjung Priok, Jakarta Utara menyebut sepanjang Januari – Juni tahun ini impor truk/bus melonjak. Sejumlah merek membukukan kenaikan jumlah impor.

Dalam keterangan rresmi yang dirilis di Jakarta, belum lama ini, IPCC menyebut jumlah impor truk/bus yang melalui terminal IPCC selama enam bulan pertama tahun ini sebanyak 768 unit. Jumlah ini meningkat 46,01% dibanding periode sama tahun 2020.

Data IPCC menunjukkan di rentang waktu itu impor truk/bus Volvo tercatat sebagai merek yang paling banyak diimpor. Jumlahnya, sebanyak 280 unit. Kemudian Mercedes-Benz mencapai 157 unit, Hino 39 unit. Sisanya beberapa merek.

Ilustrasi, truk Mercedes-Benz Axor – dok.Motoris

Sementara, ekspor truk/bus sepanjang kurun waktu yang sama di tahun ini sebanyak 2.120 unit. Jumlah ini turun tipis 1,85% dibanding periode sama tahun 2020 yang sebanyak 2.160 unit.

Hino tercatat menjadi merek dengan jumlah ekspor terbanyak selama periode enam bulan pertama tahun ini, dengan total 1.452 unit. Jumlah ini melesat jauh dibanding jumlah ekspor yang dibukukannya selama kurun waktu yang sama tahun lalu, yang sebanyak 413 unit.

Sedangkan ekspor Isuzu anjlok sangat dalam dibanding enam bulan tahun 2020, karena di tahun ini hanya 552 unit. Padahal, pada semster pertama tahun lalu masih sebanyak 1.705 unit.

Booth Isuzu di GIIAS 2018 – dok.Motoris.id

Begitu pula dengan ekspor Volvo yang di semester pertama tahun 2020 masih sebanyak 15 unit, di tahun ini hanya 8%. Penurunan yang terjadi hampir setengahnya. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This