Sampai Juli Tahun Ini, Sudah 8 Juta Truk FAW yang Diproduksi

Truk FAW Jiefang ke-8 juta – dok.Chinadaily


Changcun, Motoris – Produsen truk kondang asal Changhun, Jilin, Republik Rakyat Cina (Cina) – FAW Jiefang – saat ini dikenal sebagai pabrikan truk yang menjual produknya ke 80 negara dan wilayah di dunia. Tak terkecuali ke Indonesia.

Dari tahun ke tahun, anak perusahaan FAW Group – yang membuat truk sejak tahun 1956 ini – meningkatkan jumlah produksinya seiring dengan menggelembungnya jumlah permintaan dari pasar. Bahkan, hingga Juli tahun 2021, total produksi truk pabrikan itu telah mencapai 8 juta unit.

Seperti dilaporkan laman Chinadaily, Jumat (16/7/2021), truk ke-8 juta yang diproduksi FAW Jiefanf diluncurkan dari pabrik (setelah rampung diproduksi) pada Rabu (14/7/2021) kemarin. Truk itu merupakan truk heavy duty FAW Jiefang J7.

“FAW Jiefang kini telah berada dalam tahap pengembangan terbaik dalam sejarahnya,” kata President FAW Jiefang, Hu Hanjie.

Ilustrasi, proses produksi truk FAW di pabrik milik FAW di Cina – dok.Istimewa via Xinhuanet

Sepanjang enam bulan pertama tahun ini atau dari Januari hingga Juni kemarin, FAW Jiefang memproduksi 267.770 unit truk. Pada periode itu, truk yang terjual (termasuk stok unit yang tersedia sebelumnya) sebanyak 339.230 truk, atau naik 21,9% dibanding penjualan selama kurun waktu sama tahun lalu.

Di Indonesia – seperti terlihat dari data yang dihimpun Motoris dari laporan penjualan ritel ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) – sepanjang semster pertama tahun ini, truk FAW hanya terjual 51 unit. Sementara, sepanjang tahun 2020, penjualannya ke diler (wholesales) hanya sebanyak 220 unit.

Ilustrasi, truk FAW yang dijajakan di pasar Indonesia – dok.Motoris

Tahun sebelumnya atau di tahun 2019, penjualan ritel truk ini mencapai 291 unit. Penjualan ke diler atau wholesales jumlahnya sama, yakni 291 unit. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This