Penjualan Motor di Januari – Juni, Masih Jauh dari Level Sebelum Pandemi

Ilustrasi, proses produksi sepeda motor Honda di Indonesia – dok.AHM


Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari – Juni 2021 sebanyak 2.450.088 unit telah terjual di Indonesia, atau naik sangat signfikan dibanding penjualan selama periode sama tahun lalu yang masih sebanyak 1.886.489 unit.

Meski, dibanding tahun 2019 atau periode sebelum wabah virus corona (Covid-19) merebak di negeri ini, penjualan enam bulan tahun ini masih tertinggal.

Data yang dihimpun Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menunjukkan, di enam bulan pertama tahun 2019 total penjualan yang berhasil dikantongi industri kendaraan bermotor roda dua di Indonesia mencapai 3.226.619 unit.

Yamaha NMax 155 -dok.TopBikes

Tetapi, yang pasti, di Januari hingga Juni tahun ini, penjualan meningkat 155,1% dibanding periode sama tahun 2020.
Meski, jika dilihat penjualan dari bulan ke bulan – selama empat bulan terakhir yakni dari Maret, April, Mei, dan Juni, tren penjualan berfluktuasi alias naik turun.

Tercatat di bulan Maret total penjualan yang dibukukan sebanyak 521.424 unit.

Kemudian di bulan April menurun menjadi 472.889 unit, dan selama Mei turun lagi menjadi 254.710 unit. Pada Juni penjualan naik – walau total jumlahnya belum sebanyak April – menjadi 428.556 unit.

Suzuki Next II – dok.Motoris

Lantas, akankah di bulan Juli ini kembali naik? “Dengan adanya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sepertinya tren penjualan berada di jalur penurunan. Mengapa? Karena banyak diler yang kegiatannya juga terbatas. Kedua, tren permintaan konsumen juga menurun,” ujar Kepala Riset Eternity Marketing Specialist, Eko Wahyu Utomo, saat dihubungi di Jakarta, Kamis (22/7/2021).

Susutnya permintaan masyarakat, kata Eko, karena sepeda motor merupakan produk sarana transportasi yang penggunaannya langsung terkait dengan dinamika kegiatan masyarakat.

“Motor selama ini menjadi sarana transportasi utama masyarakat karena selain lebih efisien secara cost (ongkos), juga fleksibel karena bisa menjangkau berbagai kondisi jalanan (di tengah macet sekali pun). Dan dirasa sebagai solusi ketika angkutan umum belum nyaman dan aman seperti yang diharapkan,” kata Eko.

Peluncuran All New Honda PCX 160 di Jakarta-dok.Istimewa

Kendaraan bermotor roda dua ini juga menjadi tumpuan sebagian masyarakat saat melakukan kegiatan mobilitas dari satu tempat ke tempat lain dalam rangka keperluan sosial maupun ekonomi.

“Motor juga menjadi sarana atau barang modal untuk kegiatan ekonomi, dan sosial. Sehingga, jika aktifitas sosial masyarakat masih terbatas karena ada PPKM sebagai cara untuk antisipasi paparan Covid-19, tentu demand motor juga diperkirakan tidak akan sebesar ketika situasi normal,” jelas Eko.

Padahal, AISI telah memprediksi penjualan tahun ini mencapai 4,3 juta – 4,6 juta unit. (Fat/Sut/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This