Begini Penjualan Wuling Sepanjang Enam Bulan Pertama di Cina

Wuling Hong-Guang Mini EV-dok.China Daily


Nanning, Motoris – Perusahaan patungan antara SAIC Motors – General Motors – Liuzhou Wuling Motors (SGMW Motors) atau yang biasa disebut sebagai Wuling Motors, sepanjang Januari hingga Juni tahun ini membukukan yang cemerlang di negeri sendiri, Republik Rakyat Cina (Cina).

Total penjualannya naik 39,5% dibanding penjualan yang dibukukannya pada periode sama tahun 2020.

Seperti dilaporkan Xinhua dan China Daily, Jumat (23/7/2021), data yang dikompilasi Asosiasi Produsem Mobil Cina (CAAM) menunjukkan di enam bulan pertama tahun ini, total penjualan yang dibukukan Wuling di Negeri Panda itu mencapai 884.195 unit. Dengan demikian, Wuling mempertahankan pertumbuhan penjualan selama 15 bulan berturut-turut.

Wuling Victory resmi diluncurkan pada 7 September 2020 – dok.Auto.Chinaxiaokang.com

Total penjualan Wuling Motors ini tdibukukan dari dua merek yang diproduksi oleh SGMW Motor, yakni merek Wuling dan Baojun. Rinciannya, penjualan merek Wuling sebanyak 693.351 unit, atau naik 56,84% dibanding enam bulan tahun lalu.

Kemudian dari penjualan merek Baojun sebanyak 123.057 unit. Kinerja penjualan yang menanjak itu, disebut juga tak lepas dari moncernya penjualan mobil ramah lingkungan (NEV), khususnya mobil listrik Wuling Hong Guang Mini EV.

Total penjualan NEV di kurun waktu itu mencapai 189.664 unit. Jumlah ini jauh di atas penjualan mobil jenis yang sama di tahun lalu.

SUV Baojun 530 generasi ketiga – dok.Istimewa

Namun, yang tidak kalah mencorong adalah penjualan ke luar negeri alias ekspor. Pabrikan yang bermarkas di Liuzhou, Guangxi Zhuang,itu di enam bulan pertama itu mengekspr mobil sebanyak 74.225 mobil, atau melonjak 91% dibanding ekspor yang dibukukannya sepanjang semster pertama 2020. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This