Pabrikan Cina vs Korea di Semester Pertama, Ini Hasilnya

Almaz RS – dok.Istimewa


Jakarta, Motoris – Kiprah pabrikan asal Republik Rakyat Cina (Cina) dan Korea di Indonesia terus menunjukkan dinamika yang positif di tengah hegemoni pabrikan-pabrikan asal Jepang. Persaingan di antara merek- merek ini posisinya hampir seimbang.

Meski, secara volume penjualan salah satu merek asal Cina jauh di atas merek Korea atau bahkan jauh mengungguli koleganya sesama dari Negeri Tirai Bambu sendiri.

Kinerja penjualan riil itu terekam dari data yang dihimpun Motoris dari laporan penjualan ke konsumen (ritel) ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang Januari hingga Juni tahun ini.

Kia Sonet-dok.Motoris

Fakta berbicara, di kurun waktu itu, Wuling Motors membukukan penjualan ritel sebanyak 10.187 unit. Pada saat yang sama, mobil merek Kia yang dijajakan oleh PT Kreta Indo Artha, terlego ke konsumen sebanyak 1.559 unit.

Berada di urutan ketiga Dongfeng Sokon (DFSK). Sekondan Wuling dari Cina itu mengantongi angka penjualan ritel sebanyak 1.508 unit di periode tersebut.

Kolega Kia, yang juga saudara sepupunya di bawah payung Grup Hyundai Motor – yakni Hyundai Motor – pada semester pertama itu mengoleksi angka penjualan sebanyak 1.208 unit. Di pengujung semester perdana itu, Hyundai Motor Indonesia berhasil melego unit ke konsumen sebanyak 274 unit.

Hyundai New Santa Fe-dok.Istimewa

Sedangkan merek milik SAIC Motors (pabrikan asal Cina) – yakni Morris Garage (MG) – pada kurun wakru tersebut mencatatkan penjualan ritel sebanyak 547 unit. Di bulan Juni saja, mobil-mobil merek itu laku sebanyak 124 unit.

Tahun 2020
Sepanjang 2020, kinerja penjualan Kia dan Hyundai tertinggal oleh Wuling dan DFSK. Selama setahun penuh Wuling berhasil membukukan penjualan ritel sebanyak 9.523 unit. Sedangkan DFSK di saat yang sama mengoleksi angka penjualan ritel 2.424 unit.

Pada tahun yang sama, Hyundai mengoleksi angka penjualan ritel sebanyak 762 unit (terdiri dari 581 unit yang dipasarkan PT Hyundai Indonesia Motor atau HIM dan 181 unit oleh PT Hyundai Motors Indonesia atau HMID).

SUV medium Morris Garage HS meluncur di Indonesia – dok.Motoris

Penjualan ritel Kia, di tahun yang sama sebanyak 658 unit. Sementara mobil buatan MG pada tahun tersebut baru laku sebanyak 313 unit. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This