VW Klaim di Semester I Jual Mobil Listrik Tiga Kali Lipat

VW ID.4 mobil listrik VW yang dinobatkan sebagai mobil terbaik dunia 2021-dok.Istimewa


Frankfurt, Motoris – Pabrikan mobil terbesar di Jerman – Volksawagen (VW) AG – belum lama ini menyatakan, penjualan mobil listrik murni (battery electric vehicle) sepanjang Januari hingga Juni tercatat sebanyak 170.939 unit. Pabrikan itu mengklaim jumlah itu naik tiga kali lipat.

Seperti dilaporkan laman resmi Nasdaq dan Reuters, pekan lalu, data yang diklaim VW selaras dengan data yang dirilis oleh Otoritas Transportasi Federal Jerman, KBA. Data itu menunjukkan, penjualan mobil listrik murni VW di pasar global mencapai 170.940 unit, alias ada selisih 1 unit.

“Kenaikan penjualan mobil listrik baterai ini didorong oleh naiknya permintaan di Eropa. Konsumen (Eropa) banyak mencari mobil listrik seiring dengan pengumuman dari otoritas Uni Eropa yang akan mengakhiri keberadaan mobil bermesin pembakaran internal,” tulis The Green Journal.

Tampilan bagian belakang mobil listrik VW ID.4X-dok.Istimewa

Sales Group Head VW, Christian Dahlheim, menyebut peningkatan penjualan itu tak lepas dari langkah pabrikan yang menggelontorkan model-model baru.

Bahkan, kata dia, untuk seluruh varian model elektrifikasi – yang terdiri dari mobil listrik baterai, hybrid, dan plug-in hybrid – Grup VW (yang terdiri dari merek VW, Audi, Porsche, SEAT, dan Skoda) mematok target penjualan tembus 1 juta unit.

“Tahun ini, kami berencana untuk mengirimkan sekitar satu juta kendaraan listrik untuk pertama kalinya, dan kami yakin akan memenuhi target armada untuk emisi CO2 di Eropa,” kata dia.

Porsche Taycan model 2021-dok.Sewickley Porsche

Sepanjang enam bulan pertama tahun ini, VW Group menjual 18.285 unit mobil listrik murni, atau hanya 10,7% dari total penjualan grup. Cina merupakan pasar terbesar mobil listrik di dunia.

Namun, sumber di internal VW wilayah Cina kepada Reuters mengatakan penjualan mobil listrik VW ID dan ID Cross di Cina tak memenuhi harapan. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This