Penjualan Motor di Thailand: Honda Digdaya, Piaggio Juara Tiga

Honda CB150R Streetster dengan dandanan ala Neo Sport Cafe hasil kreasi Honda AP Thailand – dok.Honda


Bangkok, Motoris – Federasi Industri Thailand mencatat sepanjang Januari hingga Juni atau semester pertama tahun ini, penjualan sepeda motor di negeri itu tercatat naik 19,4% dibanding periode sama tahun lalu. Bahkan, dibanding paruh pertama 2019, penjualan di semester pertama tahun ini naik 0,7%.

Seperti dilaporkan laman Motorcycles Data, belum lama ini, di enam bulan pertama tahun ini total penjualan sepeda motor yang dibukukan merek-merek yang ada di Negeri Gajah Putih itu mencapai 874.960 unit. Di tiga besar merek dengan penjualan terbanyak, Honda masih bercokol di urutan pertama.

Merek berlambang sayap mengepak itu mencetak angka penjualan sebanyak 684.511 unit, atau naik 19,6% dibanding semester pertama tahun 2020. Sementara, Yamaha berada di belakangnya, meski dengan selisih jumlah yang sangat jauh, yakni hanya132.558 unit.

Yamaha XSR 155 di Thailand-dok.Istimewa

Meski begitu, jumah penjualan yang dikantongi merek berlambang garputala itu naik 19,6% dibanding enam bulan pertama tahun lalu. Dan yang menarik adalah posisi ketiga, jika di Indonesia ditempati merek Jepang, tetapi di negara yang juga kerap disebut Siam ini ditempati Piaggio.

Merek asal Italia itu membukukan penjualan sebanyak 16.900 unit. Jumlah yang dikoleksi pabrikan yang sohor dengan model skuternya itu naik 22% dibanding yang berhasil diraupnya sepanjang paruh pertama 2020 lalu.

Jajaran varian model merek-Piaggio yang dipasarkan di-Thailand dok.Market Retail in Asia

Performa luar biasa di semester pertama ini dicatatkan oleh pabrikan lokal Thailand GPX, karena penjualannya naik 160%. Sementara Suzuki, BMW, Royal Enfield, Kawasaki, Peugeot, dan Ducati mencatatkan penjualan yang menurun. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This