Ditopang SUV, Penjualan Aston Martin Meroket 224%

Aston Martin DBX – dok.Istimewa via Carwow


London, Motoris
– Pabrikan mobil mewah dari Gaydon, Inggris – Aston Martin Lagonda – melaporkan penjualan unit ke diler (wholesales) sepanjang Januari hingga Juni atau semester pertama tahun ini meroket hingga 224% dibanding periode sama tahun lalu. Moncernya penjualan itu didongkrak SUV Aston Martin DBX.

Seperti dilaporkan Reuters dan US News, Rabu (28/7/2021), SUV pertama buatan Aston Martin itu mulai diproduksi Juli 2020 lalu. Kemudian secara bertahap disebarkan ke diler pabrikan yang tersebar di berbagai negara menjelang kuartal terakhir 2020.

Kini, di enam bulan pertama tahun ini, Aston Martin DBX 4×4 itu terjual sebanyak 2.901 unit.“Dengan kesuksesan SUV pertama kami ini (Aston Martin DBX) menjadikan kami berada di posisi yang baik untuk pertumbuhan. Terlebih kami juga telah menambahkan dua kendaraan baru dan produk yang menarik lagi pada tahun depan,” ungkap Chief Executive Aston Martin, Lawrence Stroll.

Lawrence Stroll, miliarder asal Quebec, Kanada yang menjadi juragan baru Aston Martin – dok.Planet F1

Sekadar informasi, merek yang dikenal sebagai penyedia mobil pilihan untuk tokoh agen rahasia di film fiksi James Bond itu mengalami masa sulit sejak tahun 2018, karena gagal memenuhi harapan konsumen, meski telah merogoh kocek dalam-dalam untuk investasi. Kondisi keuangan pabrikan pun mulai tak sehat.

Hingga akhirnya Lawrence Stroll – miliuner asal Kanada yang juga pemilik tim balap F1 negara itu – dan sejumlah investor lainnya menyuntik dana ke pabrikan tersebut pada tahun 2020. Stroll dan kawan-kawan mulai melakukan restrukturisasi baik dalam organisasi, kebijakan, hingga arah bisnis.

Interior bagian depan Aston Martin DBX – dok.CAR Magazine

Salah satu ide Stroll adalah menyuguhkan kendaraan yang tengah populer di pasar global, yakni SUV. Kendaraan jenis itu tak hanya disukai konsumen negara-negara maju di Amerika maupun Eropa, tetapi juga di Asia. Bahkan di negara-negara sedang berkembang. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This