Januari – Juni, Mobil Audi Hanya Laku 14 Unit di RI

Ilustrasi, logo Audi – dok.Pikist


Jakarta, Motoris – Sepanjang semester pertama atau dari Januari hingga Juni tahun ini, penjualan mobl Indonesia tercatat meningkat signifikan dibanding periode sama tahun 2020. Baik penjualan ke konsumen (ritel) maupun ke diler (wholesales) membukukan kenaikan jumlah.

Penjualan ritel naik 33,5% menjadi 387.873 unit, dan wholesales menanjak 50,79% menjadi 393.469 unit di tahun ini. Kebaikan ini dibukukan oleh hampir semua merek.

Tetapi, merek asal Jerman – yang diageni PT Garuda Mataram Motor (GMM) – tak termasuk salah satu dari merek yang membukukan kenaikan penjualan itu. Data yang dihimpun Motoris dari laporan penjualan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, penjualan ritel merek ini merosot hingga 33,3% dibanding enam bulan pertama tahun lalu.

Ilustrasi, Audi Q3 Generasi kedua atau versi terbaru – dok.Istimewa

Selama Januari – Juni tahun ini PT GMM hanya berhasil mendulang angka penjualan ritel sebanyak 14 unit saja. Padahal di kurun waktu yang sama tahun 2020, masih mampu mengantongi angka penjualan sebanyak 21 unit.

Total penjualan itu dikoleksi Audi Indonesia dari penjualan selama Januari yang sebanyak 3 unit, Februari 1 unit, dan Maret 1 unit. Lalu di bulan April sebanyak 4 unit, Mei 5 unit, dan Juni 7 unit.

Jumlah penjualan ritel yang dikoleksi selama semester pertama 2020 itu juga lebih baik dibanding yang berhasil diraup selama periode sama tahun 2019. Saat itu, totalnya hanya 16 unit.

Ilustrasi Audi Q5 Model 2020 – dok.Audi Blainville

Total angka penjualan di paruh pertama 2019 itu diraup pada Januari sebanyak 3 unit, Februari 1 unit, Maret 4 unit, April 4 unit, Mei 2 unit, dan Juni 2 unit. Kinerja penjualan di semser pertama 2019 itu ternyata juga lebih baik dibanding enam bulan pertama tahun ini. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This