Penjualan VW: Jaya di Pasar Dunia, Ambles di Indonesia

Ilustrasi, proses produksi mobil Volkswagen- dok.Youtube

Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari – Juni atau di semester pertama tahun ini penjualan Volkswagen (VW) meningkat 27,9% dibanding periode sama tahun 2020. Total penjualan VW Group – seperti direkam Otoritas Transportasi Federal Jerman, KBA – kali ini mencapai 4.978.000 unit.

Kontributor kenaikan penjualan group itu adalah Audi dan Porsche. Keduanya mencatatkan gemilangnya penjualan di Amerika Utara dan Cina.

Seperti dikutip Bloomberg, Kamis (29/7/2021) laporan keuangan pabrikan itu menyebut, laba operasi di enam bulan pertama tahun ini meningkat hingga 7% lebih dibanding kurun waktu yang sama tahun lalu. Nilainya mencapai 11,4 miliar euro.

“Kami telah berhasil mengatasi dampak kemacetan semikonduktor hingga saat ini, meskipun kami mengantisipasi efek yang lebih menonjol pada kuartal ketiga,” kata Chief Financial Officer, Arno Antlitz.

Produksi mobil VW di Cina – dok.Volkswagen Newsroom

Berbeda dengan pencapaian VW di pasar global, di Indonesia, penjualan mobil VW – yang dijajakan oleh PT Garuda Mataram Motor (GMM) – periode sama tahun ini justeru ambles. Total penjualan ke konsumen (ritel) maupun ke diler (wholesales) semester pertama tahun ini hanya 216 unit.

Jumlah ini ambrol 31% dibanding total jumlah yang berhasil dikoleksinya sepanjang Januari – Juni 2020.

Data yang dihimpun Motoris dari laporan penjualan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, selama semester pertama di tahun 2020 lalu, penjualan ritel maupun wholesales VW sebanyak 313 unit.

Jumlah itu dikantongi VW Indonesia dari penjualan sepanjang Januari yang sebanyak 123 unit, Februari 114 unit, dan Maret 48 unit. Kemudian dari penjualan sepanjang bulan April 9 unit, Mei 3 unit, dan Juni sebanyak 16 unit.

SUV VW Tiguan Allspace – dok.CarsIreland

Jumlah ini bertambah banyak hingga 196 unit atau meroket hingga 167,5% dibanding enam bulan pertama tahun 2019. Karena di enam bulan pertama 2019 itu penjualan yang dibukukan sebanyak 117 unit.

Sementara, penjualan Audi di Tanah Air – yang juga dijajakan oleh PT GMM – selama paruh pertama tahun ini baik ritel maupun wholesales ambrol 33,3% dibanding periode sama tahun lalu. Jumlah totalnya – baik ritel maupun wholesales hanya 14 unit. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This