April – Juni, Laba Toyota Melejit Disokong Penjualan di Amerika dan Cina

Ilustrasi proses produksi sedan Toyota di pabrik Toyota yang berada di Kentucky, Amerika Serikat – dok.Toyota


Tokyo, Motoris – Toyota Motor pada hari Rabu (4/8/2021) melaporkan kinerja keuangan perusahaan sepanjang periode April – Juni atau kuartal kedua tahun kalender 2021 (dan kuartal pertama tahun fiskal 2021/2022 yang dimulai April 2021 hingga berakhir Maret 2022 mendatang). Dalam laporan ini dinyatakan, laba bersih perusahaan selama kurun waktu tersebut mencapai 897,8 miliar yen.

Seperti dilaporkan Nikkei dan Asia Retail News, Rabu (4/8/2021) laba bersih sebesar itu dikantongi, setelah pabrikan membukukan total pendapatan kuartalan (kotor) 7,935 triliun yen. Sedangkan pendapatan operasional (bersih) senilai 997,4 miliar yen.

Nilai ini melampui pendapatan yang dibukukan pada periode sama tahun lal. Bahkan, lebih tinggi dibanding kurun waktu yang sama sebelum masa pandemi.

“Dengan capaian pendapatan operasi sebesar itu selama kuartal pertama (April – Juni di tahun fiskal 2021/2022), maka Toyota tetap mempertahankan target laba bersih tahunan yang sebesar 2,3 triliun yen. Ini dikarenakan langkah perusahaan untuk mengantisipasi kenaikan biaya bahan baku dan hambatan lainnya,” bunyi keterangan pabrikan.

Ilustrasi, Toyota C-HR listrik saat diperkenalkan di Cina ada tahun 2018 lalu – dok.Chinapev.com

Penjualan Toyota hingga akhir Juni tercatat telah meningkat. Sepanjang enam bulan pertama – atau dari Januari hingga Juni – penjualan mobil di pasar global yang dibukukan merek ini mencapai 5 juta unit.

Jumlah itu naik 32,7% dibanding total jumlah penjualan yang dicatatkan selama periode sama tahun 2020. Bahkan meningkat 4,5% dari kurun waktu yang sama tahun 2019.

“Peningkatan ini terutama didorong oleh penjualan di Amerika Utara dan Cina. SUV Toyota Highlander pikap Toyota Tacoma, sedan Camry, dan lainnya laku keras dibeli konsumen di Amerika Utara,” klaim pabrikan yang dikomandoi Akio Toyoda itu.

Toyota Mirai terbaru juga dijual di Amerika Serikat – dok.Electrive.com

Sementara di Cina, pada rentang waktu yang sama, model Toyota Corolla series, Camry, dan Lexus mencatatkan peningkatan penjualan. Begitu pula dengan model-model baru crossover dan hatchback. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This