Penjualan di Bulan Juli: Mercy Naik, Fuso dan Hino Loyo

Mitsubishi Fuso Dump Truck FE SHDX-K-dok.Istimewa


Jakarta, Motoris – Penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih – termasuk di dalamnya kendaraan komersial pikap, van, bus, dan truk – sepanjang Januari hingga Juni tahun ini tercatat naik atau meningkat dibanding periode sama tahun 2020. Meski, di bulan Juli, penjualan – baik ke diler (wholesales) maupun ke diler (ritel) – menyusut dibanding bulan sebelumnya.

Data yang dihimpun Motoris dari penjualan yang dilaporkan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, total wholesales di tujuh bulan pertama itu sebanyak 460.106 unit.

Sedangkan total angka penjualan ritel yang dikantongi merek-merek yang berjualan di Tanah Air, pada saat yang sama, sebanyak 451.872 unit.

Ilustrasi, truk Hino Ranger FLX 260 JW 8×2 – dok.HMSI

Sementara wholesales di bulan Juli, menyusut 8,4% menjadi 66.639 unit, dibanding bulan sebelumnya. Pada bulan yang sama penjualan ritel yang berhasil dikantongi hanya sebanyak 64.028 unit atau menciut 2,6%.

“Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa – Bali yang berlangsung 3 – 25 Juli cukup berdampak ke kinerja penjualan. Maklum, di masa PPKM ini kegiatan di diler juga terbatas, termasuk dalam penjualan. Meskipun di kendaraan jenis kendaraan penumpang, kegiatan penjualan secara online masih meningkat, terutama kendaraan yang mendapatkan insentif diskon PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah),” ujar kolega Motoris di Gaikindo, saat dihubungi di Jakarta, Jumat (13/8/2021).

Ilusttasi, truk Axor Mercedes-Benz – dok.DVCI

Faktanya, tak semua merek membukukan menyusutnya penjualan selama Juli dibanding bulan sebelumnya atau Juni. Masih ada yang naik. Bahkan tak hanya merek kendaraan penumpang saja, tetapi juga kendaraan komersial.

Fuso dan Hino Loyo
Data berbicara, di bulan ketujuh itu Toyota mengantongi angka penjualan ritel sebanyak 21.933 unit atau naik 13,1% dibanding Juni yang sebanyak 19.391 unit. Pada saat yang sama penjualan Mitsubishi naik 5% dari 8.704 unit di bulan Juni menjadi 9.122 unit pada bulan Juli.

Kemudian, penjualan Honda naik 8,7% dibanding bulan Juni, sehingga menjadi 8.234 unit. Bahan, penjualan ritel kendaraan komersial Mercedes-Benz melonjak 51,61% dari 62 unit di Juni, menjadi 94 unit pada Juli.

Ilustrasi, Truk Medium Mitsubishi Fuso 6×2 – dok.Motoris

Namun – di segmen kendaraan komersial – kinerja seperti Mercedes-Benz (Mercy) tak bisa ditorehkan oleh Mitsubishi Fuso dan Hino. Penjualan ritel dua pemain besar di pasar kendaraan komersial Tanah Air ini, justeru loyo.

Fakta memperlihatkan jika pada bulan Juni penjualan ritel Fuso masih sebanyak 2.777 unit, di bulan Juli hanya 2.201. Artinya penjualan di bulan ketujuh itu merosot 576 unit.

Ilustrasi truk Hino di diler- dok.Motoris

Hino setali tiga uang. Jika di bulan Juni masih menjual unit ke konsumen sebanyak 1.529 unit, pada bulan Juli hanya 1.312 unit alias menyusut 217 unit. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This