Covid-19 Terus Bikin Ribet Nissan dan Toyota di Jepang

Nissan GTR Nismo Special Edition 2022. (Nissan)

Yokohama, Motoris – Pandemi virus Covid-19 masih terus-menerus bikin ribet pabrikan otomotif di Jepang, yakni Nissan dan Toyota.

Nissan akhirnya memutuskan untuk membatalkan ajang tahunannya, Nismo Festival yang semula mau digelar di Fuji Circuit, Desember 2021. Pembatalan dilakukan demi mengurangi risiko penyebaran virus di Jepang.

“Nissan dan Nismo menyesal dan paham kekecewaan yang dialami para fans yang memang menantikan ajang ini,” tulis Nissan dalam keterangan resmi (10/9/2021).

Nissan GTR Nismo Special Edition 2022. (Nissan Jepang)

Jadi, kasus pasien terjangkit Covid-19 kembali merebak di Jepang, pascaolimpiade Tokyo berakhir Agustus lalu. Akhirnya, Nissan memutuskan untuk membatalkan Nismo Festival ke 23 yang disebut dalam keterangan resmi perusahaan, sudah dipersiapkan dan dinantikan juga oleh para karyawan Nissan di seluruh dunia.

Setali tiga uang, juga dialami oleh Toyota. Dilansir Motor1, Produsen mobil terbesar di Jepang ini harus dipusingkan oleh pandemi ini. Beberapa pemasok komponen lokal  Toyota di Asia Tenggara harus menghentikan produksinya karena penyebaran virus yang masif.

Proses produksi sedan di sebuah pabrik milik Toyota yang berada di Prefektur Aichi, Jepang – dok.CNN.com

Pemangkasan produksi para perusahaan pemasok ini baru disampaikan selang sepekan setelah Toyota menyampaikan pemangkasan produksi 400.000 unit secara global. Jadi, kondisi bakal lebih parah.

Semula pengumuman pemangkasan produksi dilakukan karena krisis pasokan cip semikonduktor yang tersendat, sehingga produksi bakal terganggu sampai Oktober 2021. Namun, Toyota berharap situasi produksi mulai membaik mulai November karena masih tingginya permintaan mobil baru secara global.

CATEGORIES
TAGS
Share This