Balada Penjualan Mobil Kembar Toyota – Daihatsu di GIIAS 2021

Toyota All New Avanza diluncurkan pada 10 November 2021 – dok.TAM

Jakarta, Motoris – Dua merek kondang di Tanah Air – yakni Toyota dan Daihatsu – menyuguhkan mobil dengan tampilan yang mirip alias kembar selama kehadiran mereka di hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Sedikitnya ada tiga mobil kembar dari mereka yang disajikan ke masyarakat di perhelatan yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang, 11 – 21 November 2021 itu.

Setelah sebelas hari dijajakan hasilnya ternyata mobil bernerek Toyota jauh lebih diminati ketimbang yang berlabel Daihatsu. Padahal telah berulang kali disampaikan – melalui saluran media massa maupun media sosial – bahwa sejatinya mobil-mobil kembar itu diproduksi oleh dan di tempat yang sama, yakni di pabrik Daihatsu Indonesia.

Dari informasi yang tersaji di keterangan resmi PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM), yang dirilis di Jakarta, Senin (22/11/2021) terlihat di rentang waktu 11 hari penyelenggaraan pameran itu Toyota All New Avanza (melalui Surat Pemesanan Kendaraan atau SPK) sebanyak 711 unit. Pada saat yang sama SPK yang diterima ADM untuk All New Xenia hanya 104 unit.

Daihatsu All New Xenia – dok.Daihatsu

Sementara pesanan yang diterima TAM untuk Toyota Raize mencapai 651 unit, namun pesanan Daihatsu Rocky hanya 108 unit. Jumlah pesanan untuk Rocky itu tak sampai seperlima dari total pesanan untuk Raize selama di perhelatan berskala internasional tersebut.

Fakta tingkatan pemesanan untuk SUV kembar Toyota Rush dan Daihatsu Terios pun setali tiga uang. Toyota Rush terpesn 329 unit, adapun Daihatsu Terios Cuma 74 unit.

Total pesanan yang diterima Daihatsu Indonesia – untuk seluruh model – sepanjang penyelenggaraan GIIAS tercatat sebanyak 504 unit. Sedangkan Toyota mengantongi pesanan sebanyak 4.502 unit.

Toyota Raize – dok.TAM

Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto menyebut dari total 4.502 perolehan SPK Toyota itu ada lima kontributor yang memberikan angka pemesanan terbanyak. Selain All New Veloz dan All New Avanza dengan total SPK 1.534 unit (dengan rincian All New Avanza 711 unit dan All New Veloz 823 unit, ada empat lainnya.

Mereka adalah Raize sebanyak 651 unit 14,4%, Innova sejumlah 633 unit (14%), dan Fortuner sebanyak 529 unit (11,7%). “Produk GR Sport Toyota juga cukup diminati pelanggan, di mana komposisinya ada yang mencapai 87% jika dibandingkan dengan tipe non GR Sport,” kata Henry. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This