China Bikin Delapan Samurai Produksi 28,4 Juta Mobil

China Bikin Delapan Samurai Produksi 28,4 Juta Mobil

Tokyo, Motoris – Amerika Serikat (AS) tampaknya bukan lagi gadis nan seksi di belantara pasar otomotif dunia, karena sudah tergantikan oleh China. Buktinya, meski pasar AS lemas, pabrikan-pabrikan besar Jepang secara akumulatif masih bisa meningkatkan produksi mereka hingga menjadi 28,4  juta di seluruh dunia berkat China.

Mengutip laporan Nikkei Asian Review, Rabu (31/1/2018), delapan samurai pabrikan ‘Negeri Sakura’ yaitu Toyota, Daihatsu, Nissan, Mitsubishi, Honda, Suzuki, Subaru, Mazda memproduksi 28.470.284 unit tahun lalu, naik 5 persen dibandingkan 2016. Ini merupakan kenaikan produksi global dalam enam tahun berurutan bagi para ‘samurai’ itu.

Honda, Nissan, Mazda sudah berproduksi lebih banyak di China daripada di AS. Mazda dan Mitsubishi juga menjual lebih banyak di negara Asia itu dibandingkan di ‘Negeri Abang Sam’. Toyota membangun dua pabrik baru di Guangzhou dan Tianjin yang beroperasi mulai 2017.

Secara total, produksi pabrikan-pabrikan Jepang di China mencapai 4,63 juta unit, lebih besar 13 persen dibandingkan 2016. Di sisi lain, Toyota, Nissan, Honda, Subaru menurunkan produksi mereka di AS sebanyak 5 persen pada 2017, menjadi 3,76 juta unit.

Baca juga: Beware, Hegemoni Mobil China di Indonesia Dimulai!

FOLLOW IG @MotorisIndonesia=Grafis Motoris-Kehadiran Wuling Bikin Diskon LCGC Membengkak

Hasil positif juga tampak di Jepang tahun silam. Untuk pertama kalinya dalam tiga tahun, produksi korporasi-korporasi Jepang di rumah mereka sendiri terakselerasi 5,5 persen year on year menjadi 9.194.821 unit.

Suzuki dan Daihatsu menaikkan produksi mobil kompak mereka di Jepang yang menimbulkan efek positif pula pada ekspor. (Kuy)

CATEGORIES
TAGS
Share This