Indonesia Ekspor Mitsubishi Xpander Mulai Mei

Indonesia Ekspor Mitsubishi Xpander Mulai Mei

Cikarang, Motoris – Akhirnya, setelah meluncur di Indonesia pada Agustus 2017 dengan embel-embel ‘world premiere’, Mitsubishi Xpander benar-benar menjadi produk global mulai Mei 2018. Mengandalkan suplai dari pabrik Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, ekspor perdana akan mengarah ke Filipina, disusul Thailand beberapa bulan setelah itu.

Kepastian waktu ekspor Xpander dijelaskan President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia Takao Kato dalam Plant Visit, Rabu (7/2/2018) di Cikarang. Demi mengekspor multi purpose vehicle (MPV) bernuansa sport utility vehicle (SUV) ini, Mitsubishi juga telah menambah kapasitas produksi pabrik mereka mulai bulan ini.

“Mulai Februari ini kami akan tingkatkan produksi Xpander menjadi 9.000-10.000 unit, termasuk untuk ekspor,” ujarnya sambil menjelaskan bahwa kuota untuk ekspor tahun ini ialah 25 % dari total produksi.

Membantu Kato menjelaskan soal ekspor, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Kyoya Kondo menerangkan bahwa pihaknya tidak menetapkan kuota spesifik bagi Filipina. “Kami akan berusaha memenuhi permintaan mereka,” kata Kondo.

Mitsubishi di negara itu sendiri diketahui sudah membuka inden Xpander sejak 24 Januari hingga 30 April. Kato kemudian kembali menimpali untuk menerangkan negara tujuan kedua ekspor Xpander adalah Thailand, di suatu waktu di semester dua. Waktu detailnya belum ditentukan.  Vietnam juga ada dalam antrean.

Baca juga: Hasil Tes Tabrak Mitsubishi Xpander Selevel Toyota Avanza

Follow IG @MotorisIndonesia – Grafis Motoris-Ekspor Xpander ke Filipina

“Pada dasarnya tujuan utama ekspor adalah negara-negara Asia Tenggara seperti Vietnam dan tentu Filipina dan Thailand. Sebagai tambahannya, kami akan melanjutkan ekspansi ke negara Amerika Seltan seperti Bolivia atau negara Afrika seperti Mesir,” papar dia.

Xpander sendiri di dalam negeri masih menghadapi setumpuk inden, khususnya bagi varian termewahnya yaitu Ultimate. Secara total, inden Xpander sejak Agustus hingga akhir 2017 mecapai lebih dari 50 ribu unit.

Namun, pabrik berstatus baru yang belum bisa maksimal beroperasi dalam waktu cukup lama. Jika melihat data Gaikindo, Mitsubishi baru mampu memproduksi 1.000-2.000-an unit Xpander pada dua bulan pertama perakitan (September dan Oktober). Pada November dan Desember, barulah produksi mampu mendekati 5.000 unit.

Wholesales Xpander selama September-Desember tercatat 13.070 unit. Produksi lalu ditambah lagi menjadi 8.000 unit pada Januari 2018. Rencana ekspor perdana yang semula ingin dilakukan per Februari diundur pula hingga Mei demi memenuhi inden di Indonesia. (Kuy)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS