RIP Honda Spacy

RIP Honda Spacy

Jakarta, Motoris – Kabar tentang rencana penghentian produksi alias ‘disuntik mati-nya’ salah satu model skutik Honda yakni Spacy sudah terjawab.

Sejak April lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) telah mengakhiri kiprah skutik yang diluncurkan sejak 2013 lalu itu, karena sepinya peminat, meski dibalut dengan istilah adanya pergeseran tren konsumen.

“Iya, (pengentian produksi dan penjualan) sudah (mulai) di bulan April lalu,” kata Direktur Pemasaran PT AHM, Thomas Wijaya kepada Motoris, Sabtu (12/5/2018) pagi.

Menurut Thomas, salah satu pertimbangan keputusan itu adalah trend kebutuhan konsumen yang mengarah ke skutik lain di jajaran merek Honda, sehingga diputuskan untuk mengakhiri kiprah model itu. Meski penjualan skutik ini dihentikan, lanjut dia, namun AHM tetap menjamin tetap berkomitmen untuk memberikan layanan purna jual termasuk ketersediaan suku cadang kepada konsumen.

Baca juga: Honda Scoopy Bersolek, Spacy Tergolek

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, untuk grafis otomotif terkini lainnya-Motor Custom Indonesia, T-005 Cross Pameran di LA.

Gelagat Honda Spacy tutup usia, sudah terlihat dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) termutakhir, yang diperoleh Motoris, Rabu (9/5/2018). Jika pada Januari lalu penjualan dari pabrik ke diler (wholesales) Spacy masih tercatat 33 unit, pada bulan berikutnya (Februari) telah kosong. Begitu pun di Maret dan April, juga nihil.

Padahal, sepanjang tahun 2017 lalu penjualan tercatat masih sebanyak 5.067, atau rata-rata 300 – 400 unit saban bulannya. Artinya, meski terbilang sedikit atau bahkan sangat sedikit dibanding saudara-saudaranya sesama produk Honda, namun denyut penjualan masih ada.

Bahkan, tren penurunan penjualan skutik ini sejatinya sudah terjadi di tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2015 misalnya, skutik yang diluncurkan pada tahun 2013 ini masih sebanyak 7.258 unit. Tapi, di tahun berikutnya merosot menjadi 6.170 unit sebelum ambrol lagi di tahun 2017. Artinya,  dari tahun ke tahun peminat motor ini semakin menyusut.

Sedangkan soal model pengganti, Thomas memastikan tidak ada model versi baru dari Spacy. Hal ini, ucap Thomas, atas dasar riset yang dilakukan oleh AHM. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This