Nah Lo, Honda India Sudah Kapok Jualan Brio

Nah Lo, Honda India Sudah Kapok Jualan Brio
Honda Brio yang dijual di India - dok.Honda Cars India

New Delhi, Motoris – Setelah sebelumnya  masih sebatas rumor, kabar tentang penghentian produksi dan penjualan Honda Brio di India telah dinyatakan secara resmi.  Pernyataan penyetopan tersebut angsung diungkapkan Senior Vice President Marketing & Sales Honda Cars India Rajesh Gopal, Minggu (10/2/2019) kemarin.

Seperti dilaporkan laman Hindustan Times dan Ruslane, Minggu (10/2/2019), dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Press Trust India, Rajesh menyatakan pihaknya sudah tak memproduksi sekaligus tak menjual lagi hatchback Brio. Bahkan penyetopan produksi sekliagus jualan Brio itu sudah dilakukan sejak Januari lalu.

Sebagai gantinya, Honda di  Negeri Sari itu menjual sedan kompak Honda Amaze. Keduanya, sama-sama membidik segmen entry level. “Sekarang model yang kami jual untuk segmen entry level adalah sedan Honda Amaze. Produksi Honda Brio sudah kami setop. Dan sampai sekarang kami tidak ingin membawa Brio generasi berikutnya ke India,” papar Rajesh.

Menurutnya, tren yang tengah berkembang di masyarakat India saat ini mengarah ke model yang lebih besar atau model dengan kabin yang maupun bagasi yang lebih besar. Hal ini, juga selaras dengan tren yang tengah terjadi di India.

Honda Brio versi facelift diluncurkan di India pada tahun 2016 lalu namun penjualan di tahun berikutnya malah anjlok – dok.Team-BHP

“Karena itu, sedan menjadi produk andalan di India tahun lalu. Kondisi seperti itu merupakan siklus khas yang diikuti di setiap negara, dan hanya saja di India laju peningkatan seperti itu jauh lebih lambat daripada negara lain,” ungkap Rajesh.

Namun yang pasti, penjualan Honda Brio di negara itu sudah mulai longsor sejak dua tahun lalu. Tercatat sepanjang tahun 2017, penjualan Brio masih sebanyak 5.412 unit, tetapi di tahun 2018 ambrol 58% atau hanya 2.277 unit saja. (Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This