Laku Enggak Tampang Wagon R 2019 Seperti Ini?

Laku Enggak Tampang Wagon R 2019 Seperti Ini?
Generasi baru Wagon R di India, siap meluncur akhir Januari 2019. dok. Maruti Suzuki

New Delhi, Motoris – Maruti Suzuki akhirnya mulai membuka seperti apa tampang Wagon R 2019 yang berstatus all new model di negara asalnya. Waktu peluncuran resmi sepertinya sudah sangat dekat, karena perusahaan gabungan Suzuki dan Maruti di India, sudah membuka lembar pesanan via situs resmi.

Kalau kata beberapa situs berita di India, penjualan Wagon R ini bakal dimulai 23 Januari 2018. Buat Indonesia, sepertinya sangat mungkin model ini diboyong masuk menggantikan Karimun Wagon R yang punya porsi terkecil di segmen mobil murah Indonesia alias low cost and green car (LCGC).

Datsun saja sudah berevolusi dengan melahirkan varian non LCGC, yakni Cross dan CVT. Lantas, bagaimana Suzuki, sepertinya Wagon R ini bisa jadi jawabannya.

Tampang Wagon R ini memang Motoris pernah bilang, culun. Tapi, ini subyektif kami sebagai manusia biasa. Meskipun demikian, setelah terlihat wujud aslinya, city car ini mencoba menawarkan sesuatu yang berbeda kali ini.

Baca juga: Walah, Tampang Wagon R Anyar Culun Banget

Dimensinya yang terlihat lebih besar, otomatis bikin kabin lebih lapang. dok Maruti Suzuki

Paling konkret adalah terasa dimensinya lebih tinggi dan lebar, yang seharusnya bisa meningkatkan level kenyamanan kabin dari model sebelumnya yang sempit. Meskipun, belum ada spesifikasi ukuran dimensi resminya. Konfigurasinya tetap untuk lima penumpang, tapi desain atap bodi Wagon R ini mengaplikasi floating roof, kayak Ertiga atau Innova, demi tercipta ruang kepala lebih lapang.

Tampang Wagon R punya desain lampu berbeda, agak melengkung di kedua sisi, dengan gril mengotak. Sekilas jadi mirip Ignis sih, tapi masih jauh lebih keren city car terlaris di Indonesia itu.

Interiornya, lumayan lebih mewah ketimbang model lawas, tapi tetap sesuai segmen entry level. Betuk setir baru dengan tombol pengatur audio, layar sentuh dengan sistem SmartPlay Studio, dan nuansa dual tone hitam dan beige terlihat pada dasbor. Dari foto Wagon R baru, terlihat juga memang ruang kaki bangku baris depan dan belakang terasa jauh lebih luas, tapi masih perlu pembuktian kalau mobilnya tersedia nanti.

Baca juga: Seru Juga, Jimny Pikap Bisa Temani Suzuki Carry

Desain dasbor terasa modern, lebih segar, tapi sesuai segmen entry level. dok Maruti Suzuki

Nah, terlihat juga dari tuas transmisinya, Wagon R masih mempertahankan sistem perseneling manual enggak, otomatis juga bukan, alias Automated –Manual Transmision (AMT), sama seperti model sebelumnya. Mudah-mudahan di AMT ini, jeda perpindahan giginya jauh lebih halus ketimbang Wagon R lawas.

Mesin, disebutkan menggunakan bensin K12 B, 1.2 liter, 4-silinder, katanya menawarkan tenaga yang lebih besar dari sebelumnya, yang tercatat 82 hp dan torsi 113 Nm. Juga tersedia varian lebih kecil, mesin 988 liter, bertenaga 67 hp dan torsi 90 Nm. Ada pilihan transmisi 5-percepatan Manual dan 5-percepatan AGS (AMT).

Sekarang pertanyaannya, adalah kalau Suzuki memboyong model ini untuk dipasarkan ke Indonesia, kira-kira laku enggak? Silahkan komentar di bawah artikel ini para Kolega Motoris. (sna)

Sumber : CarandBike.com

Click me for more cool graphics…

CATEGORIES
TAGS
Share This