Dibanderol Rp 413 Juta, Nissan Kicks e-Power Cocok untuk Indonesia

Dibanderol Rp 413 Juta, Nissan Kicks e-Power Cocok untuk Indonesia
Nissan Kicks e-Power - dok.Nissan Global

Bangkok, Motoris – Setelah dijadwal meluncur pada 18 Maret lalu namun urung karena merebaknya wabah virus corona (Covid-19), akhirnya Nissan Kicks e-Power diluncurkan di Thailand, pada Jumat (15/5/2020) kemarin. Meski sejumlah kalangan menyebutnya sebagai pesaing Toyota C-HR hybrid, namun harganya lebih murah yakni 889.000 – 949 baht atau sekitar Rp 413 – 441 juta.

“Thailand merupkan negara pertama yang meluncurkan All New Kicks e-Power, sekaligus sebagai negara kedua yang memproduksi teknologi e-Power setelah Jepang,” ungkap President of Nissan Motor Thailand, Ramesh Narasimhan, seperti dilansir laman resmi Nissan Global, Jumat (15/5/2020).

Nissan Kicks versi paling gres – dari Nissan Kicks yang telah dipasarkan di sejumlah negara sejak tahun 2016 lalu – itu mengusung teknologi hybrid khas Nissan, yakni e-Power. Salah satu keunikannya adalah, bateri motor listriknya tak perlu dicas.

Nissan Kicks E Power alias Nissa Kicks Hybrid di Thailand – dok.Nissan Kicks Club Thailand via Auto Industriya

Pasalnya, mesin bensin HR12DE 1.198 cc yang menyenburkan tenaga 79 hp dengan torsi 103 Nm bertugas mengisi daya listrik ke baterai tersebut. Dengan sistem seperti ini, konsumsi bahan bakar (BBM) Nissan Kicks e-Power diklaim mencapai 23,4 kilometer per liter.

Sedangkan motor listriknya – yang disokong baterai berkapasitas 1,5 kWh- mampu menghasilkan tenaga hingga 129 hp dengan torsi 254 Nm. Artinya, semburan tenaga dari dua sumber itu mencapai 208 hp.

Dengan teknologi seperti ini, Nissan Kicks sangat cocok untuk negara-negara yang belum memiliki jaringan infrastruktur pendukung mobil terelektrifikasi yang mapan. Termasuk Indonesia. Tetapi dengan catatan, jika komitmen menuju era kendaraan terlektrifikasi (listrik) tetap “menyala” dan tahapan realisasinya terus ada untuk menuju sistem transportasi yang “ramah” secara ekologi.

Tampilan belakang Nissan Kicks e-Power- dok.Nissan Global

Ubahan dan fitur
Sebagai model baru, Nissan Kick e-Power juga enyuguhkan serangkaian ubahan. Lampu depan kini menggunakan model full reflektor LED dengan lampu sein panjang sequential. Lampu kabutnya juga menggunakan LED projector.

LED juga digunakan di lampu belakang. Nissan memakaikan pelek 17 inci dual tone yang gaya desainnya mirip dengan pelek Nissan Leaf.

Fitur keamanannya meliputi electric parking brake dengan auto hold, dual airbag, VSC, HAS. Pada tipe tertinggi ada imbuhan forward collision warning, automatic emergency braking, driver attention alert, climate control, dan lingkar kemudi yang dibalut lembaran kulit.

Interior Nissan Kicks e-Power – dok.Nissan Global.

Spidometernya menggunakan layar TFT 7 inci, dan untuk pengaktifan mesin menggunakan smart key.

Lantas, akankah Nissan Kicks versi anyar ini juga bakal diboyong dan dipasarkan di Indonesia, yang sejak beberapa tahun terakhir “menggaungkan” era kendaraan ramah lingkungan?

Head of Communication PT Nissan Motor Indonesia, Hana Maharani, masih enggan untuk memastikannya. “Kita tidak dapat berkomentar sekarang ya untuk produk baru,” kata dia saat dihubungi Motoris di Jakarta, Sabtu (16/5/2020).

 

CATEGORIES
TAGS
Share This