Dapat Insentif PPnBM, Xpander Ultimate Diburu Konsumen

Dapat Insentif PPnBM, Xpander Ultimate Diburu Konsumen

Jakarta, Motoris.id – Insentif pajak penjualan barang mewah (PPnBM) 0% untuk pembelian mobil baru membuat Mitsubishi Xpander, terutama varian Ultimate, diburu konsumen. Order kendaraan serbaguna (multipurpose vehicle/MPV) rakitan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, itu mencetak lonjakan order hingga 100%.

Budi Dharmawan Daulay, group head of regional sales & marketing division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), menuturkan, hampir semua varian Xpander maupun Xpander Cross mencetak peningkatan permintan. Namun, permintaan tertinggi dicetak Xpander Ultimate dan Xpander Cross tertinggi.

“Dengan adanya insentif PPnBM, kenaikan permintaan Xpander hingga 100% tidak hanya terjadi di Jabodetabek, melainkan juga di beberapa daerah. Kami harap konsumen ada minat memanfaatkan fasilitas ini,” ujar dia di Jakarta, belum lama ini.

Ada beberapa alasan mengapa Xpander Ultimate dicari konsumen di era PPnBM. Mobil ini dibekali head unit touch screen berukuran 6,2 inci, yang sudah bisa mengakses berbagai fitur multimedia, seperti Bluetooth dan AUX-in. Selain itu Mitsubishi Xpander Ultimate juga sudah dilengkapi juga dengan DVD & CD Player, USB port, dan NFC (near field communication) yang bisa menghubungkan smartphone dengan head unit.

Fitur keamanan mobil ini meliputi brake assist (BA), hill start assist (HSA), dan active stability control, anti-lock braking system (ABS), electronic brake force distribution (EBS), dan dual air bag. Tampilan mobil ini juga atraktif, dengan velg 16 inci, lebih besar dari tipe lain 15 inci, jarak tanah lebih tinggi 0,5 milimeter (mm), lampu belakang LED, dan rumahan spion krom.

Pada Mei 2021, Mitsubishi mencetak penjualan 7.516 unit dengan pangsa pasar 12,6%. Seiring dengan itu, terjadi peningkatan penjualan sebesar 37% selama periode program insentif PPnBM 0% (Maret–Mei 2021) dibandingkan tanpa program insentif (Desember 2020–Februari 2021).

Di segmen kendaraan penumpang, MMKSI mencatat penjualan 5.195 unit, sedangkan kendaraan niaga ringan 2.321 unit pada bulan lalu. Mitsubishi Xpander, termasuk Xpander Cross, mendominasi penjualan MMKSI dengan kontribusi 49,6%, diikuti L300 22,6%, dan Pajero Sport 18,9%.

“Rasa terima kasih dan apresiasi tertinggi kami untuk para konsumen yang telah mempercayakan pilihannya pada lini kendaraan penumpang Mitsubishi Motors, juga pemerintah yang telah menginisiasi program relaksasi PPnBM dan memberikan kontribusi efek positif untuk penjualan model Xpander dan Xpander Cross,” kata Presiden Direktur MMKSI Naoya Nakamura.

MMKSI, kata dia, baru saja meluncurkan kembali edisi spesial Xpander Rockford Fosgate Black Edition dan Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition untuk mengakomodasi antusiasme dan penerimaan yang sangat baik atas edisi sebelumnya. Edisi spesial ini diharapkan dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi beragam preferensi dan kebutuhan konsumen serta mendukung penjualan model Mitsubishi Motors di Indonesia.

Dia menuturkan, mobil Mitsubishi terbukti tetap menjadi pilihan, karena kesesuaiannya dalam menjawab kebutuhan dan keinginan konsumen di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan capaian dan hasil baik oleh model kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia pada Mei 2021.

Pada bulan itu, dia menuturkan, pangsa pasar model Xpander, termasuk Xpander Cross mencapai 29% di segmen small MPV. Jumlah tersebut menandai peningkatan penjualan 61% lebih selama Maret–Mei 2021, dibandingkan Desember 2021– Februari 2021.

Dia menambahkan, New Pajero Sport meraup 60% lebih pasar medium SUV 2.500 CC (4×2 dan 4×4), L300 memimpin segmen small pick-up 4×2 dengan pangsa pasar 64% lebih, dan Triton memimpin segmen pick-up 4×4 dengan pangsa pasar 58%. (gbr)

CATEGORIES
TAGS
Share This