Ragam Fitur Keselamatan yang Tersemat di Corolla Cross

Peluncuran Toyota Corolla Cross di Indonesia – dok.PT TAM

Jakarta, Motoris – Nama Corolla sudah termasyhur di Indonesia sejak era 1970-an. Ihwal perjalanannya di pasar otomotif Tanah Air diawali oleh model sedan.

Tahun lalu, penggemar Corolla di Indonesia dikejutkan dengan hadirnya model SUV (Sport Utility Vehicle). Nama besarnya diberi tambahan kata ‘Cross’, agar mudah dibedakan dengan versi sedan.

Tak lama setelah debut globalnya di Thailand, PT Toyota Astra Motor (TAM) langsung memboyongnya ke Tanah Air. Tentunya kehadiran mobil SUV berpenampilan modis itu menjawab rasa penasaran masyarakat, utamanya penggemar produk Corolla.

Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, Corolla Cross bukanlah model sedan yang ditinggikan ground clearance-nya. Mobil ini dibuat memakai struktur rangka baru, yakni TNGA-C (Toyota New Global Architecture C segment)

“Platform-nya berbeda, jadi bukan cuma mengubah sedan ke SUV,” ujar Anton, beberapa waktu lalu.

Tampilan belakang Toyota Corolla Cross hybrid – dok.Istimewa

Meski dibuat sebagai SUV, generasi paling baru Corolla itu tetap mempertahankan kenyamanan sebuah sedan. Kabinnya bisa menampung lima orang selama perjalanan, dengan kompartemen barang di bagasi belakang.

Selain itu, fitur keamanannya juga dibuat lebih maksimal dalam memproteksi pengemudi maupun penumpangnya. Jika menilisik laman resmi ASEAN NCAP (New Car Assessment Program) hasil uji tabrak (crash test) terhadap Corolla Cross meraih rating bintang lima.

Pengujian memang dilakukan pada unit produksi dari Thailand. Meski demikian, mobil tersebut kemudian dijual ke berbagai negara termasuk Indonesia dengan spesifikasi yang menyesuaikan kebutuhan konsumen di negaranya.

Nilai total untuk semua tahap uji fitur keselamatan Corolla Cross bahkan mencapai 88,61. Poin tertinggi alias lima bintang itu didapat dari tiga kategori. Pertama, uji Adult Occupant Protection (AOP) dengan total angka 33,01 dari maksimal poin 36.

Interior Toyota Corolla Cross- dok.Toyota Global

Lalu, perlindungan maksimal ada di kategori Safety Assist Technology (SAT) dengan 14,5 dari maksimal poin 18. Kemudian, level uji Child Occupant Protection (COP) menorehkan 40,74 dari maksimal nilai 49 poin.

Corolla Cross yang dipasarkan di Indonesia juga punya beragam fitur keselamatan, seperti rem ABS+EBD, 3 point seatbelt with pretensioner and force limiter, 7-airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir di belakang, serta ditambah immobilizer dan alarm.

Untuk urusan jantung penggerak Toyota membenamkan mesin kode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i yang sanggup menghasilkan power maksimum sebesar 98 PS dan torsi 142 Newtonmeter. Sementara varian hybrid, ditambahkan motor listrik bertenaga 72 PS dan torsi sebesar 162 Nm.

Perlu diketahui Toyota Corolla Cross di Indonesia tersedia dalam dua pilihan, yakni 1.8 A/T berbanderol Rp463,51 juta dan 1.8 Hybrid A/T yang dipasarkan Rp521,48 juta on the road Jakarta. (PDR)

CATEGORIES
TAGS
Share This