Toyota Siapkan Hatchback Corolla Sports GR Hidrogen

Desain digital buatan akun IG @theottle, Corolla Hatchback Levin dengan livery AE86.

Tokyo, Motoris – Toyota lagi menyiapkan Corolla Sports GR berbahan bakar hidrogen. Mobil ini berlabel Sports GR yang artinya racing, bakal dibekali penggerak 4-wheel drive bertenaga besar dari mesin 1.6 liter, 3-silinder, turbo, sama seperti yang digunakan GR Yaris.

Toyota memang ketinggalan kalau bicara soal mobil listrik, tapi produsen mobil terbesar di dunia ini bukan diam saja. Raksasa Jepang ini bakal ikut bersaing di segmen mobil listrik, tapi juga terus mendorong tekologi masa depan andalan lain, mulai hybrid, PHEV, Fuel Cell, dan bahan bakar hidrogen.

Dilansir Forbes, akhir 2022 Toyota bakal meluncurkan hatchback Corolla Sports GR awalnya dengan mesin konvensional internal combustion engine (ICE). Tapi, setahun kemudian (2023), Corolla Sports GR ini bakal ada varian tambahan berbahan bakar hidrogen.

Toyota sudah sukses ikutan ajang balap ketahanan “The Fuji 24-hours” menggunakan Corolla berbahan bakar hidrogen. Jadi, soal ketahanan mesin sudah teruji tangguh.

Toyota sudah menjajal ketangguhan mesin Corolla hidrogen di ajang balap “Fuji-24 hours”. dok TOYOTA

Tapi, jangan bingung dulu. Teknologi mesin berbahan bakar hidorgen ini bukan seperti yang digunakan pada Toyota Mirai. Mirai menggunakan teknologi fuel cell, yang menciptakan energi listrik dari hasil kimiawi antara hidrogen dan oksigen.

Sementara, mesin berbahan bakar hidrogen analoginya sama seperti mesin konvensional bensin saja. Bedanya, menggunakan hidrogen sebagai penyuplai pembakaran menggantikan fungsi bensin.

Toyota bakal menggejot kehadiran Corolla Sports GR ini dalam ajang balap dunia untuk mempromosikan teknologi mesin hidrogen murni. Ibarat pepatah, “Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui.”

Desain digital buatan akun IG @theottle, Corolla Hatchback Levin dengan livery AE86.

Lewat teknologi hidrogen murni, Toyota bakal mampu memenuhi target pemangkasan karbon perusahaan sekaligus menciptakan mobil dengan efisiensi tinggi. Selain Corolla Sports GR, nantinya Toyota juga bakal melunncurkan Prius PHEV berbahan bakar hidrogen menggantikan bensin sebagai bahan bakar sekunder selain listrik dari baterai.

CATEGORIES
TAGS
Share This