World Premiere All New Honda BR-V, Dijual Tanpa Diskon PPnBM

HPM akhirnya resmi meluncurkan All New Honda BR-V di Indonesia, Selasa (21/9/2021). (HPM)

JAKARTA, Motoris – PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan generasi terbaru Honda BR-V secara virtual. Peluncuran kali ini cukup spesial karena berstatus world premiere dan sekaligus menjadikan Indonesia basis produksi All New Honda BR-V.

Dari tampilannya, tidak jauh dari konsep N7X yang dipamerkan sebelumnya. Serupa tapi tidak sama, ibarat  pinang dibelah dua!

Dalam peluncuran kali ini yang menarik adalah keberanian Honda yang memutuskan untuk menjual generasi terbaru BR-V ini tanpa insentif diskon PPnBM 100%. Padahal, model lain yang bermain di segmen low sport utility vehicle (LSUV) saat ini lagi pesta menikmati insentif dan mampu mendongkrak penjualan cukup signifikan. Sebut saja, Rush, Terios, XL7, dan Xpander Cross.

Yusak Billy, Direktur Pemasaran dan Inovasi Bisnis HPM, mengatakan, generasi terbaru BR-V baru mulai dikirimkan ke konsumen mulai Januari 2022. Produksi baru akan dilakukan akhir tahun ini, sambil melakukan perizinan dengan kementerian terkait.

Target produksi awal ditetapkan untuk periode 2022 mencapai 40.000 unit per tahun. Soal harga, HPM juga belum mau menginformasikan lebih banyak, hanya acuan varian terendah kalau dijual tanpa insentif.

“Harga (All New Honda BR-V) dengan pajak normal (tanpa insentif PPnBM) dimulai dari Rp 260 juta. Bagi konsumen yang sudah booking sampai akhir Desember 2021, maka harga akan tetap dan tidak ada kenaikan, jadi pasti lebih rendah dari 2022,” ucap Yusak dalam konferensi virtual, Selasa (21/9/2021).

Tampilan belakang All New Honda BR-V, tak jauh dari konsep N7X. (HPM)

Honda Sensing

All New Honda BR-V dibekali mesin sama dengan City Hatchback, berkode L15ZF, 1.498 cc, DOHC, 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW dipadukan transmisi CVT 5-percepatan. Disebutkan kalau meski mesin sama, tapi setting serta konfigurasi mesin ini berbeda karena segmen LSUV berbeda dengan hatchback. Tenaga yang dihasilkan adalah 121 PS, tanpa menyebutkan berapa torsi puncaknya.

Kelebihan lain yang ditawarkan generasi baru LSUV Honda ini adalah fitur Honda Sensing yang biasa tersemat pada model-model lebih premium.

Honda sensing mengandung berbagai  fitur keselamatan lain, seperti Collision Mitigation Braking System (CMBS), Adaptive Cruise Control (ACC), Road Departure Mitigation System (RDM) dengan Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist System (LKAS), Auto High-Beam (AHB), dan Lead-Car Departire notification (LCDN).  

Bahasa sederhananya, mobil ini dilengkapi kamera di kedua sisi spion untuk mendeteksi blind spot, serta bisa menahan putaran setir secara otomatis agar terhindar dari benturan. Juga menjaga mobil tetap dalam lajur marka jalan, hingga melakukan rem darurat saat dibutuhkan, juga secara otomatis. Termasuk ada notifikasi pengingat ketika dalam kondisi berhenti di jalan, saat kendaraan di depan mulai berjalan, Anda belum berjalan.

Honda juga melengkapi generasi terbaru BR-V dengan 6 airbags, termasuk curtain airbags pada pilar jendela.

Juga ada fitur jumawa lain, diklaim belum ada di kompetitor, seperti Remote Start Engine (menyalakan mesin dan AC via remote) dan Walk Away Auto-lock (pintu mengunci otomatis setelah jarak 2 meter dari pemegang kunci).

Remote All New Honda BR-V, bisa untuk menghidupkan mesin dan AC dari luar. (Motoris)

Ekspor

Selain pasar domestik, Yusak melanjutkan, HPM juga berencana menjadikan generasi baru BR-V jadi punggawa ekspor perusahaan. Rencana ini, kata dia, terdorong karena sambutan hangat setelah sosok konsep N7X tersebar ke beberapa negara.

“Mulai tahun fiskal 2022, rencananya akan ekspor 11.000 unit ke 30 negara di dunia, termasuk Asia, Meksiko, dan beberapa negara Afrika,” kata Yusak.

HPM mengklaim kalau BR-V ini sebenarnya sudah memenuhi syarat minimal kandungan lokal untuk mendapatkan insentif PPnBM. Tapi, karena produksi baru mulai akhir tahun, maka dipastikan belum dapat menikmatinya.

“Kandungan lokalnya sudah 84%, kita tidak tahu, pemerintah pasti akan terus memonitor, kalau (diskon PPnBM) diperpanjang lagi, kita sudah memenuhi syarat,” ucap Yusak.

Honda memasarkan All New BR-V dalam empat tipe pilihan, yakni tipe E, S, Prestige, dan Prestige with Honda Sensing. Tersedia lima pilihan warna, yakni Premium Opal White Pearl, Crystal Black Pearl, Modern Steel Metallic, Lunar Silver Metallic, dan Tafetta White.

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This