Pesanan di GIIAS: Xpander Lebih Banyak dari Avanza, Xenia Terkecil

Mitsubishi New Xpander di GIIAS 2021 – dok.Motoris.id

Jakarta, Motoris – Perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang digelar di ICE BSD City Serpong Tangerang, 11 – 21 November kemarin diwarnai hiruk pikuk kehadiran versi anyar dari Low MPV yang selama ini telah “bertarung” di pasar mobil Indonesia. Kehadiran merek bukan sekadar pajangan pemanis pameran, tetapi juga dijajakan demi menambah simpanan fulus di pundi perusahaan.

Dari keterangan resmi yang dirilis para agen pemegang merek pemilik model Low MPV itu, menunjukkan hasil penjualan – dalam wujud pemnesanan dalam Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) – yang beragam. Mitsubishi New Xpander dan New Xpander Cross yang dillucurkan 8 November, selama 11 hari di GIIAS 2021 berhasil mengantongi angka SPK sebanyak 2.230 unit.

Jumlah itu setara dengan 85% dari total SPK yang diterima PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selama penyelenggaraan GIIAS yang sebanyak 2.623 unit.

Toyota All New Avanza-dok.TAM

“Capaian Mitsubishi Motors di GIIAS 2021 melampaui ekspektasi kami,di tengah kondisi pandemi. Melihat antusiasme yang tinggi dari masyarakat terhadap pameran otomotif, kami berharap aktivitas perekonomian nasional dan industri otomotif berangsur pulih,” ujar President Director PT MMKSI) Naoya Nakamura dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Senin (22/11/2021).

Toyota All New Avanza dan Toyota All New Veloz yang merupakan pesaing Xpander (termasuk Xpander Cross) masing-masing terpesan (SPK) sebanyak 711 unit dan 823 unit. Sehingga jika ditotal model anyar ini terpesan sebanyak 1.534 unit.

Jumlah itu setara dengan 34% dari total SPK yang diterima oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) yang sebanyak 4.502 unit untuk seluruh model yang dihadirkan selama periode GIIAS 2021 berlangsung.

Toyota All New Veloz-dok.TAM

“Kami bersyukur atas respon positif terhadap kehadiran All New Veloz dan All New Avanza, dimana respon yang sangat baik ini juga tidak lepas dari dukungan pemerintah dalam meningkatkan daya beli masyarakat sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi di berbagai sector, termasuk industri otomotif,” kata Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (22/11/2021).

Jumlah pesanan All New Avanza itu jauh di atas saudara kembarnya All New Xenia yang dijajakan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Seperti diinformasikan dalam keterangan resmi PT ADM, Senin (22/11/2021) versi paling gres alias paling baru dari Xenia itu terpesan 104 unit selama gelaran GIIAS 2021 berlangsung.

Daihatsu All New Xenia – dok.Daihatsu

Artinya, total pesanan untuk All New Xenia belum sampai 20% dari total jumlah SPK All New Avanza. Sedangkan Low MPV lainnya – yakni Suzuki Eertiga (termasuk di dalamnya XL7) – hingga kini belum ada informasi rinci terkait pemesanannya selama hajatan GIIAS 2021 berlangsung. (Fer/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This