Jualan SUV Ladder Frame di GIIAS, Isuzu MU-X Paling Sepi Pembeli

Isuzu MU-X versi terbaru di GIIAS 2021 – dok.Istimewa

Jakarta, Mobilitas – Hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang, 11 – 21 November kemarin para agen pemegang merek kendaraan bermotor selain menyajikan model-model terbaru, juga menyuguhkan model yang telah ada. Menariknya, ternyata model baru tak serta merta penjualannya paling menderu.

Fakta data hasil penyajian selama sebelas hari di pameran mobil berskala internasional itu telah menunjukkannya. SUV ladder frame Isuzu MU-X yang dijajakan oleh PT Astra Isuzu Motor Indonesia (IAMI) misalnya, meski terbilang model paling baru di Indonesia – dibanding para pesaing – karena diluncurkan di pameran itu pada 11 November, ternyata hanya terpesan (melalui Surat Pemesanan Kendaraan atau SPK) sebanyak 13 unit.

“Selama GIIAS 2021, Isuzu berhasil mencatat penjualan sebanyak 459 unit kendaraan,” bunyi keterangan resmi IAMI yang dirilis di Jakarta, Senin (22/11/2021).

Total jumlah penjualan itu berasal dari penjualan Isuzu Traga Blind Van sebanyak 117 unit, Isuzu D-Max 11 unit, Isuzu MU-X 13 unit. Lalu dari Isuzu Elf 243 unit dan Isuzu Giga sebanyak 75 unit.

Toyota Fortuner GR Sport – dok.Auto2000

Jumlah SPK untuk Isuzu MU-X ini sangat jauh dibanding pesaingnya, Toyota Fortuner. SUV ini – seperti diungkap PT Toyota Astra Motor (TAM) melalui keterangan resmi yang dirilis Senin (22/11/2021) – terpesan sebanyak 529 unit dan menjadi salah satu dari lima mobil Toyota dengan SPK terbanyak selama perhelatan GIIAS 2021.

“Dari total 4.502 perolehan SPK Toyota yang tercatat, selain All New Veloz dan All New Avanza yang meraih SPK tertinggi, model-model lainnya yang menjadi lima besar kontributor SPK adalah Raize sebanyak 651 unit 14,4%, Innova sejumlah 633 unit (14%), dan Fortuner sebanyak 529 unit (11,7%),” bunyi keterangan resmi TAM itu.

Sementara, pesaing Isuzu MU-X lainnya, yakni Mitsubishi Pajero Sport mengantongi SPK sekitar 400-an unit. Artinya, meski di bawah jumlah SPK Fortuner, namun angka SPK Pajero Sport jauh di atas Isuzu MU-X.
Rekam jejak penjualan Isuzu MU-X di pasar Indonesia memang tak cemerlang.

Data yang dihimpun Motoris dari laporan penjualan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tercatat, sepanjang tahun 2017 penjualannya ke konsumen (ritel) sebanyak 712 unit. Lalu di tahun 2018 naik tipis menjadi 737 unit.

Isuzu MU-X versi terbaru – dok.Istimewa

Namun, di tahun 2019 penjualannya ambles. Sepanjang Januari hingga Oktober di tahun itu, Isuzu MU-X hanya laku 250 unit. Lalu, di rentang waktu Januari hingga September tahun 2020, penjualan ritel kembali ambles dan hanya sebanyak 88 unit.

Sementara di tahun 2021 ini, selama tiga bulan pertama atau kuartal satu hanya laku 1 unit yang terjadi pada bulan Februari. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This