Blade yang Ngos-ngosan, Honda Malah Remajakan Revo

Blade yang Ngos-ngosan, Honda Malah Remajakan Revo

 

Jakarta, Motoris – Napas sepeda motor jenis underbone alias bebek masih tersisa. Buktinya, PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja meluncurkan Revo X, varian baru dari leburan dua tipe sebelumnya, Revo FI dan CW, Senin (9/10/2017). Kini, bebek termurah Honda ini dipasarkan hanya dalam dua varian, X dan Fit.

Ubahannya cukup sederhana, desain front cover baru dengan lekuk dan sirip udara, plus stiker bodi yang lebih segar. Juga ada ubahan desain pada dial panelmeter.

Kayaknya, Honda masih berharap banyak pada Revo, maklum, masih tercatat sebagai bebek terlaris di Indonesia, sampai saat ini. Data AHM menunjukan kalau periode delapan bulan pertama tahun ini, Revo sudah terjual 105.287 unit. Menguasai pasar bebek secara nasional hingga 32 persen, padahal penjualan di segmen ini melorot 20 persen di banding periode sama 2016.

“Kami optimistis penyegaran desain dan fitur baru ini akan memenuhi kebutuhan pecinta motor bebek di Tanah Air,” kata Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran AHM, dalam keterangan resminya.

Honda Revo X. (AHM)

Baca juga: Yamaha Fino Gaet Hijabers Indonesia

Sebenarnya, ada model lain yang lebih butuh penyegaran ketimbang Revo, yakni Blade. Napas jagoan Honda di bebek kelas 125 cc ini, semakin ngos-ngosan. Mencoba mengejar sang rival utama, Yamaha Jupiter Z, tapi enggak kesampaian. Bisa-bisa malah Jupiter Z meng-overlap Blade, kalau bicara dari performa penjualan.

Mengutip data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), penjualan Blade, periode Januari-Agustus 2017, adalah 9.117 unit. Hasil ini drop 34,7%, dibandingkan periode sama tahun sebelumnya, 13.963 unit. Sedangkan, Yamaha Jupiter Z CW, periode yang sama, sudah terjual 30.122 unit. Hasil Jupiter Z juga sama, turun, tetapi tak sedalam sang rival, terpaut minus 22% dari 38.644 unit (periode Januari-Agustus 2016).

AHM tentu sudah mahfum, salah satu faktor yang bisa memicu terjadinya penjualan, adalah model baru. Tapi, sepertinya masih ada prioritas lain yang dianggap lebih penting ketimbang Blade!

CATEGORIES
TAGS
Share This