Mainan Baru, Buat Loyalis Super Cub

Mainan Baru, Buat Loyalis Super Cub

 

Tokyo, Motoris – Honda Motor Company (HMC) mau membangunkan nostalgia loyalisnya pada salah satu model legendaris, Super Cub. Bebek yang pernah tenar di era 1960-an itu kembali diproduksi massal lagi dengan berbagai ubahan modern, tapi menjaga tampilan tetap jadul.

Sebenarnya, PT Astra Honda Motor (AHM) pernah memboyong konsep Super Cub EV yang berteknologi listrik dipamerkan di Jakarta, 2015 lalu. Sempat terdengar kabar kalau salah satu calon motor listrik Honda bakal berparas Super Cub. Tapi, sampai saat ini belum juga kejadian.

Dilansir situs resmi perusahaan, Honda akan merakit Super Cub modern dalam dua pilihan mesin, 50 cc dan 110 cc. Target produksinya juga tidak besar-besar amat, dipatok cuma 20.200 unit per tahun di pabrik Kumamoto, Jepang. Pemasaran juga hanya dilakukan untuk pasar domestik Jepang, bukan untuk negara lain.

Honda mulai memasarkan Super Cub pada November mendatang. Produksi ini sekaligus memperingati produksi ke 100 juta unit bebek legendaris ini di dunia. Honda pertama kali memproduksi Super Cub pada Agustus 1958, jadi sudah 59 tahun, usianya.

Baca juga: Honda PCX Siap Telikung Yamaha Nmax

Kedua pilihan mesin dibekali teknologi injeksi PGM-FI dan LED, sama seperti model-model lain yang dipasarkan Honda di Indonesia. Mesin 50 cc menggunakan sistem pendinginan udara diklaim mampu menghasilkan tenaga 3,7 tk dengan torsi 3,8 Nm. Sedangkan 110 cc memiliki tenaga 8 Ps dengan torsi maksimal 8.5 Nm.

Di Jepang permintaan Super Cub kembali membesar karena kebutuhan pengiriman surat kabar ke rumah-rumah penduduk. Juga buat moda transportasi jarak dekat, seperti dari rumah ke stasiun, jadi tak butuh tenaga besar, yang penting irit dan awet. Selain itu, buat mereka yang mau nostalgia juga cocok.

Bebek legendaris Honda kembali diproduksi massal. (Honda)

 

Honda memasarkan Super Cub 50 dengan harga 232.200-253.800 yen atau sekitar Rp 27,6 juta-Rp 30,2 juta. Sedangkan mesin 110cc, ditawarkan dengan 297.000 yen atau Rp 35,3 juta. Beberapa kelir pilihan ditawarkan, seperti Urbane Denim Blue Metallic , Pearl Shining Yellow, Tasmania Green Metallic, Virgin Beige, dan Moonstone Silver Metallic-U.

Kalau konsep nostalgia, seperti yang dilakukan Suzuki dengan meluncurkan Jimny di Indonesia, Motoris menilai cukup lumayan hasilnya. Banyak orang-orang mapan yang dulunya punya Jimny berebutan mau membeli. Nah, kalau Super Cub, kira-kira laku tidak kalau dipasarkan di Indonesia? (SNA)

CATEGORIES
TAGS
Share This