Meluncur di Thailand, All New Honda Forza 350 Dihargai Rp 80 Jutaan

Meluncur di Thailand, All New Honda Forza 350 Dihargai Rp 80 Jutaan
All New Honda Forza 350 diluncurkan di hajatan Bangkok International Motor Show 2020 - dok.AP Honda

Bangkok, Motoris – Memanfaatkan momen hajatan Bangkok International Motor Show (BIMS) 2020 yang digelar 15 – 26 Juli, Honda Motor Thailand atau AP Honda meluncurkan versi terbaru skutik besar Honda Forza 350 atau All New Honda Forza 350. Kehadirannya dimaksudkan untuk merangsang pasar kendaraan bermotor roda dua Negeri Gajah Putih yang saat ini tengah lesu karena diterjang wabah virus corona (Covid – 19).

Siaran pers AP Honda yang dilansir Selasa (14/7/2020) menyebut All New Honda Forza itu dikembangkan dengan konsep “Only For The Greates” dan dibuat dalam satu tipe, yakni tipe tertinggi.

Chairman AP Honda Company Limited, Shigito Kimura, mengatakan sepanjang semester pertama tahun ini (Januari – Juni) penjualan sepeda motor di Thailand hanya 733.722 unit. Jumlah itu hanya 82% dari pencapaian di kurun waktu yang sama tahun lalu. Sedangkan Honda di rentang waktu enam bulan pertama itu membukukan penjualan sebanyak 572.989 unit.

All New Honda Forza 350 warna merah yang meluncur di Bangkok International Motor Show 2020 – dok.Honda

Sementara kondisi pasar di paruh kedua tahun ini diprediksi menghadapi situasi yang sulit. Lantaran itulah, kehadiran All New Forza 350 tersebut diharapkan menjadi pemantik minat konsumen. “Jika kondisi perekonomian nasional mebaik dan tidak ada tambahan kondisi negatif, kemungkinan besar penjualan tahun ini mencapai 85% (dari penjualan tahun lalu, alias menurun),” kata dia.

Ubahan pada skutik Gran Touring ini memang cukup signifikan. Bodinya tak hanya lebih mewah dan sporty, tetapi juga memiliki karakter aerodinamis yang tinggi.

Honda melengkapinya dengan tameng angina (wind shield) yang bisa disetel hingga ketinggian 150 milimeter (mm). Penyetalan juga cukup mudah, karena menggunakan sistem elektronik.

Cockpit All New Honda Forza 350 yang meluncur di hajatan Bangkok International Motor Show 2020 – dok.AP Honda

Selain itu ada lampu isyarat darurat, yakni ESS (Emergency Stop Signal). Lampu ini memberikan isyarat ketika pengendara harus secara tiba-tiba mengerem karena kondisi dan situasi yang mengharuskan demikian, sehingga pengguna kendaraan di belakang juga memahami dan mengantisipasi.

Kemudian terdapat lampu iluminasi LED, ABS dua saluran, dan smart keyless, serta HSTC (Honda Selectable Torque Control). Fitur lainnya yang tak kalah penting adalah In-Console USB Charger & Bottle Holder.

Sementara instrumen clusternya juga mendapatkan ubahan yang tak kalah menarik. Informasi yang tersaji berupa analog dan digital.
Mesin yang diusungnya juga berubah, karena kapasitasnya  329,6 cc 4- valve eSP, PGM-FI. Artinya, kapasitas mesin tersebut meningkat dibanding mesin model sebelumnya yang berkapasitas 279cc.

Transmisi All New Honda Forza 350 yang meluncur di Bangkok International Motor Show 2020 – dok.AP Honda

Ada empat varian warna yang disuguhkan Honda, yakni hitam, kombinasi putih-biru, merah-hitam, serta kombinasi biru-hitam. Honda di Thailand membanderolnya 173.500 baht atau sekitar Rp 80 jutaan (kurs moderat 1 baht = Rp 462,84).(Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This