Kia Indonesia Lagi Sesak Napas

Kia Indonesia Lagi Sesak Napas

Jakarta, Motoris – PT Kia Mobil Indonesia (KMI) dalam beberapa tahun terakhir sedang mengalami masa krisis. Performa penjualannya terus menurun, meski mobil yang ditawarkan memiliki tampilan bagus dan berteknologi modern.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan, penjualan dari pabrik ke diler atau wholesales Kia sepanjang tahun 2017 lalu hanya 837 unit. Angka penjualan ini terjun bebas dari tahun sebelumnya yang mencapai 1.442 unit.

Pada 2017, model dari merek asal Korea Selatan itu yang paling banyak dibeli konsumen adalah Kia Rio, K2700, dan Grand Sedona. Hanya sayang, model-model itu tak bisa bicara banyak dalam penjualan di empat bulan pertama tahun 2018 ini.

Lagi-lagi, data Gaikindo menyebut sepanjang Januari-April 2018, KMI hanya menjual 122 unit. Jumlah itu terdiri dari penjualan di Januari sebanyak 70 unit, Februari 36 unit, Maret 16 unit, dan April nihil. Model yang terjual terdiri dari Grand Sedona, Rio, Sportage GT Ultimate, dan K2700 (Travello).

Baca juga: Nissan Terra Siap Menggoyang Fortuner dan Pajero Sport

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya-Mesin Suzuki Ertiga Sudah Berstandar Euro IV.

Padahal, di periode yang sama tahun 2016 penjualan merek ini masih sebayak 307 unit. Artinya, di tahun ini penjualan susut 185 unit.

Beberapa waktu lalu, General Manager KMI Ridjal Mulyadi mengatakan pihaknya tengah kesulitan mendapatkan pasokan dari Korea Selatan. Alhasil, pengiriman ke konsumen pun menjadi terhambat. Ibarat kata, KMI saat ini tengah sesak napas.

Padahal, kata dia, permintaan dari konsumen masih cukup tinggi. “Kami hanya bisa menjual yang ada sekarang saya,” kata Ridjal. (Kpr)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This