Honda PCX Belum Sanggup Geser Yamaha NMAX

Honda PCX Belum Sanggup Geser Yamaha NMAX

Jakarta, Motoris – Yamaha NMAX masih menjadi pemimpin pasar skutik maxi 150 cc. Sejak dipasarkan 2015, sampai sekarang masih mendapatkan sambutan positif dari masyarakat Indonesia.

Total penjualan dalam empat bulan pertama tahun ini (Januari-April), berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencapai 142.218 unit.

Hasil tersebut jika dibandingkan dengan penjualan sang rival abadinya, Honda PCX 150, masih lumayan jauh. Skutik Honda itu baru terjual 43.692 unit.

Antonius Widiantoro, Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, NMAX masih jauh mendominasi NMAX daripada kompetitor di kelasnya.

Baca juga: Kawasaki Bergeming Soal Jualan Ninja 250 Anjlok

“Kita dari dulu sampai sekarang selalu mendominasi segmen itu (skutik premium 150 cc),” kata Antonius di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, akhir pekan lalu.

Antonius menambahkan, konsumen yang ingin membeli NMAX juga sudah tidak perlu menunggu lama sampai berbulan-bulan. Sebab, dari kapasitas produksi terus ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

“Jadi sekarang inden tergantung dari masing-masing wilayah, tetapi masih dalam hitungan hari atau minggu saja, tidak sampai berbulan-bulan seperti dulu lagi,” ujar Antonius.

Berbeda dengan PCX 150, sebagai skutik premium Honda yang baru diproduksi di Indonesia itu masa tunggu alias indennya masih sekitar satu setengah bulan.

Baca juga: BMW 9cento Motor Petualang Masa Depan

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya-Honda Jazz EV DIjual Rp 250 Jutaan.

Tren Naik

Namun, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya menapik anggapan laju penjualan Honda PCX 150 lemot. Dia pun menyodorkan fakta, berupa data penjualan yang menunjukan tren kenaikan.

Mengutip data AISI, Thomas menyebut sepanjang Februari – April lalu, AHM telah melego 43.693 unit PCX. Jumlah itu merupakan kumulatif dari penjualan Februari yang sebanyak 9.661 unit, Maret16.624 unit, dan April 17.408 unit.

“Artinya, tren penjualan positif. Terus naik,” ucapnya di sela acara Buka Puasa Bersama, di Jakarta, Jumat (25/5/2018).

Hanya, dia tak menampik soal masa tunggu atau inden yang lebih dari satu bulan. Thomas mengatakan, secara normal, masa inden Honda PCX itu satu setengah bulan.

Baca juga: Penjualan Honda CBR250RR Ambles, AHM Beralasan

Dengan masa inden selama itu, maka konsumen yang mengajukan pemesanan di bulan Mei ini  dipastikan tak bakal bisa mendapatkan unit untuk berlebaran.

“Kami mohon maaf kepada konsumen yang ingin berlebaran dengan PCX yang indennya  di bulan Mei ini, ya mungkin baru dapat unitnya setelah Lebaran,” ujar Thomas.

Dia mengatakan, proses produksi pada pra dan pasca lebaran juga mengalami penurunan. Hal itu dikarenakan jadwal libur karyawan yang tiba seiring dengan hari raya Idul Fitri. Kendati begitu, Thomas memastikan AHM saat ini memproduksi Honda PCX  sebanyak 15-17 ribu unit saban bulannya. (Kpr/Ara)

 

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya-Bukti Peluncuran Perdana Generasi Baru Suzuki Jimny Sudah Dekat.

 

CATEGORIES
TAGS
Share This