Renault Segera Lepas MPV Murah Sekelas Calya

Renault Segera Lepas MPV Murah Sekelas Calya

Jakarta, Motoris – Renault dikabarkan segera melepas kendaraan multiguna (multipurpose vehicle/MPV) berbasis Kwid untuk mendongkrak penjualan. Kesimpulan terkonstruksi setelah MPV itu kepergok tengah dites di jalanan Tamil Nadu, India, dalam balutan stiker kamuflase ekstrem.

Dari spyshot yang ditebar ZigWheels.com, bisa dipastikan mobil itu adalah sosok Kwid MPV. Apalagi, tahun lalu, Renault sudah mengumumkan bakal memproduksi MPV berbasis Kwid di India. Mobil itu bakal memakai sasis common module family (CMF) A milik aliansi Renault-Nissan, yang sanggup menampung berbagai macam bodi.

“Kwid adalah hatchback ala-ala crossover dan mobil yang ada di spyshot itu adalah Kwid versi MPV. Ke depan, Renault berpotensi menggunakan sasis CMF A untuk membangun SUV kompak hingga sedan,” tulis Asian Age, Rabu (20/6/2018).

Sekilas, penampakan MPV Kwid mirip Espace, bukan Kwid. Selain itu, mobil itu sepertinya sudah siap diproduksi massal. MPV itu diprediksi menggunakan bahasa desain global Renault, seperti Captur. Kebetulan, dua saudarannya, Nissan dan Mitsubishi, sudah memiliki bahasa desain global, masing-masing V-motion dan Dynamic Shield.

Baca Juga: Bisnis Renault Setengah Hati di Indonesia 

Spyshot MPV berbasis Renault Kwid (ZigWheels.com)

Dengan panjang di bawah 4 meter, MPV Kwid diprediksi menggunakan mesin bensin 1,2 liter milik Micra (March) dan diesel 1,5 liter dari Micra Active. Transmisinya bisa CVT atau AMT. Namun, apakah pelek juga akan menggunakan spesifikasi tiga baut, belum pasti.

“MPV berbasis Kwid akan mengisi celah antara Kwid dan Duster di India. Saat ini, Renault butuh mobil berharga 500-800 ribu rupee (Rp 112-165 juta), yang kemungkinan diwakili oleh MPV Kwid,” tulis Asian Age.

Jika masuk Indonesia, MPV itu tak ayal lagi bakal bertempur dengan MPV segmen LCGC, antara lain Toyota Calya, Daihatsu Sigra, dan Datsun Go Panca. Kita tunggu saja bagaimana realisasinya. (gbr)

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya-Penantang C-HR dari Nissan Tambah Ganteng.

CATEGORIES
TAGS
Share This