Lebaran Usai, Pasokan Mobkas Mulai Melimpah

Lebaran Usai, Pasokan Mobkas Mulai Melimpah

Jakarta, Motoris – Usai lebaran saat ini pasokan mobil bekas ke showroom mobil bekas (mobkas) mengalir deras. Terlebih, banyak masyarakat yang membutuhkan dana segar untuk keperluan anak melanjutkan pendidikan.

Pimpinan showroom mobkas Permata Utama Motor, Cikokol, Tangerang, Asep Sofyan Jurkandi, menyebut sejak awak bulan Juli ini atau belum genap sebulan lebaran berakhir, jumlah orang yang menawakan mobil ke showroom-nya meningkat.

“Memang jumlahnya tidak melonjak ya, tetapi dibanding hari-hari biasa menjelang, sekarang ini kita enggak nyari barang (Mobkas), tetapi malah datang sendiri itu barang (mobkas). Apalagi sekarang banyak orang butuh uang untuk keperluan anak sekolah,” tuturnya saat dihubungi Motoris, Sabtu (7/7/2018).

Tren banyaknya pasokan mobil bekas pasca lebaran juga diakui Senior Marketing Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih. Meski belum bisa memastikan berapa besar limpahan mobil bekas usai mudik, namun Herjanto menyebut tren banyaknya penjualan mobil oleh pemilik setelah hari raya Idul Fitri merupakan fenomena yang terjadi hampir saban tahun.

Baca juga: SUV Bekas Bakal Banjiri Pasar Mobil Seken 2019

Ilustrasi mobil bekas di bursa mobil bekas WTC Mangga Dua Jakarta – dok.Otomart.id

“Kalau dilihat pengalaman tahun-tahun sebelumnya, peningkatan pasokan cukup signifikan. Orang yang menjual mobil ke WTC setelah lebaran itu biasanya naik antara 10-15% dibanding hari-hari biasa sebelum lebaran,” ujarnya saat dihubungi.

Harga normal
Seperti halnya Asep, Herjanto menyebut meski banyak pasokan namun harga mobkas tidak akan mengalami penurunan. Pasalnya, pada saat menjelang lebaran harga sudah sedikit mengalami kenaikan.

“Harga stabil. Paling-paling kembali ke awal seperti sebelum lebaran, sehingga orang juga tertarik, karena kembali normal, dan pedagang bisa bersaing. Keuntungan lainnya, mobil yang dijual oleh masyarakat ke bursa mobil seken ini usia pakainya rata-rata relatif lebih sedikit dan jauh lebih mulus,” ungkapnya.

Sedangkan untuk model atau varian mobil yang banyak dijual kembali, baik Asep maupun Herjanto menyebut hal itu bisa dilihat dari mobil apa yang paling laris saat sebelum atau menjelang lebaran dibeli masyarakat.

Baca juga: Sedih Lihat Harga GSX 150 Series Bekas

Ilustrasi mobil bekas yang dijual – dok.Kompas.com

“Kalau dilihat data penjualan kemarin kan mobil minibus keluarga (MPV) ya. Jadi, kemungkinan besar ya itu (MPV) yang paling banyak. Tapi kalau permintaan orang (konsumen) seperti Honda Jazz, terus (Honda) Brio, Livina, juga banyak nyari, cuma pasokan barang (mobkas) tidak sebanyak minibus (MPV),” kata Asep.(Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This