Jualan Lemot, Kia Indonesia Coba Sodorkan Picanto Baru

Jualan Lemot, Kia Indonesia Coba Sodorkan Picanto Baru

Jakarta, Motoris – PT Kia Mobil Indonesia (KMI) berusaha bangkit dari kelesuan penjualan yang terjadi selama enam bulan pertama tahun ini. Agen pemegang merek Kia di Indonesia ini segera meluncurkan versi terbaru dari citycar Kia Picanto.

“Sekarang lagi di-studi, sebentar lagi akan diluncurkan. Ini pelu strategi khusus, karena di segmen citycar ini ada LCGC (kendaraan hemat bahan bakar dan harga terjangkau). Kalau enggak (ada strategi khusus) kita bisa enggak bisa bersaing,” ujar kolega Motoris di lingkungan KMI saat dihubungi, di Jakarta, Minggu (8/7/2018).

Hanya, sang kolega tidak bersedia merinci strategi apa yang bakal digunakan untuk menggaet konsumen. Namun, yang pasti, jika aturan baru tentang standar Euro IV benar-benar diberlakukan oleh pemerintah, maka daya saing Picanto versi anyar itu bakal menguat.

“Kan Gaikindo sendiri sudah menyatakan akan deklarasi tentang standar Euro IV di GIIAS 2018 nanti,” ujarnya.

Kolega ini juga tak bersedia memastikan kapan tepatnya waktu peluncuran mobil tersebut. Dia hanya menyebut segera.

Baca juga: Kia Indonesia Lagi Sesak Napas

Kia Picanto generasi ketiga diperkenalkan di ajang Geneva Motor Show Maret 2017 – dok.Carros.ig.com

Penjualan Kia di Indonesia sejak awal tahun ini trennya memang terus menciut. Data Gaikindo menunjukan sepanjang Januari hingga Mei lalu penjualan yang dibukukan KMI hanya 122 unit. Penjualan hanya terjadi pada Januari sebanyak 70 unit, Febrari 36 unit, dan Maret 16 unit. Sedangkan pada April dan Mei masing-masing nihil.

Sepanjang kurun waktu itu, model yang mencatatkan penjualan adalah All New Rio 1.4 AT sebanyak 22 unit, All New Rio 1.4 MT sebanyak 16 unit. Kemudian pikap Kia Big membukukan penjualan 50 unit, Grand Sedona Ultima AT 24 unit, dan Kia Sportage GT Ultima 10 unit.

Generasi ketiga Kia Picanto diperkenalkan di ajang Geneva Motor Show pada Maret 2017 lalu dengan pilihan mesin, 1.0 liter turbo T-GDI bertenaga 99 hp dan torsi 72 NM. Selain itu ada mesin 1.2 liter bertenaga 83 hp dan mesin 1.0 liter non turbo bertenaga 66 hp.

Kia menyebut selain ada perubahan di mesin juga pada dimensi ukurannya. Panjang Kia Picanto anyar itu 3.595 milimeter (mm) sehingga kabin bertambah panjang, dan jarak sumbu roda bertambah 15 mm. (Ara)

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya-HyundaiTergiur Boyong Kona ke Indonesia.

 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This