Parah, Nissan Palsukan Data Konsumsi Bensin

Parah, Nissan Palsukan Data Konsumsi Bensin

Tokyo, Motoris – Nissan Motor Company mengakui telah merusak data konsumsi bensin dan emisi gas buang mobil rakitan lima pabrik di Jepang, termasuk di  Tochigi, prefektur Tochigi. Pabrikan itu mengubah data bensin dan gas buang 1.171 unit mobil atau setengah dari sampel yang diinspeksi.

Kasus serupa pernah dilakukan Mitsubishi Motors Corporation, yang masuk aliansi Renault-Nissan, pada 2016. Mobil yang datanya dipalsukan MMC adalah kei car.

Skandal penipuan ini menunjukkan kecerobohan Nissan dalam hal inspeksi mobil. Tahun lalu, Nissan mengakui, sejumlah pekerja yang tak berwenang telah melakukan inspeksi fiinal beberapa kendaraan. Parahnya, Nissan tetap melakukan pemalsuan data, setelah skandal itu terungkap.

Nissan, seperti dilansir Japan Times, Senin (9/7), sengaja mengubah data konsumsi bensin dan emisi jika hasilnya tak sesuai standar perusahaan. Padahal, tak ada perubahan di sisi mobil yang dicek. Nissan mengakui, standar emisi dan konsumsi bensin ditetapkan oleh pemerintah.

Baca Juga: Konsumen Seret Lagi Nissan ke Pengadilan 

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya-Crossover Mitsubishi DIhujat Warganet.

“Dalam beberapa kasus, Nissan menguji kendaraan dalam kecepatan, temperatur, dan kelembapan yang tak sesuai standar. Praktik ini sudah berlangsung sejak April 2013 hingga Juni tahun ini,” tulis Nissan, seperti dikutik Japan Times. (gbr)

CATEGORIES
TAGS
Share This