Proton Siap Garap Lagi Proyek Mobnas Indonesia

Proton Siap Garap Lagi Proyek Mobnas Indonesia

Kuala Lumpur, Motoris – Proton, pabrikan otomotif Malaysia, siap menggarap lagi proyek mobil nasional (mobnas) Indonesia yang juga ditujukan untuk pasar Asia Tenggara. Proyek ini telah mangkrak selama tiga tahun lebih.

“Tentu, kami akan melanjutkan pengembangan mobnas Indonesia,” ujar Komisaris Utama Proton Datuk Seri Syed Faisal Akbar seperti dilansir Paultan mengutip The Edge, Rabu (11/7).

Sedikit kilas balik. Pada Februari 2015, Proton dan PT Adiperkasa Citra Lestari meneken nota kesepahaman untuk mengeksplorasi kemungkinan mengembangan dan memproduksi mobnas Indonesia. Hadir dalam acara itu, Mahathir Mohamad, yang kala itu menjadi komut Proton. Kini Mahathir menjadi perdana Menteri Negeri Jiran

Kolaborasi dua pihak itu meliputi studi kelayakan, meliputi aspek bisnis dan teknis. Selain itu, ada juga soal lokalisasi, pembelian, rancang bangun, desain, logistik, hingga studi pasar. Adapun dalam jangka panjang, kolaborasi Indonesia dan Malaysia itu bisa menghasilkan mobil Asean.

Baca Juga: Mahathir Mau Bikin Mobnas Lagi, Tapi Bukan Proton 

Ilustrasi perjalanan mobnas Indonesia (Sindo)

“Kembali ke 2015, kami berdiskusi untuk memproduksi mobil kolaborasi Indonesia dan Malaysia, yang juga bisa dipasok ke Asean. Tapi, selepas itu, tak ada tindak lanjutnya. Kini, kami berencana meninjau proyek itu,” ujar Mahathir, bulan lalu. (gbr)

FOLLOW IG @MotorisIndonesia, buat grafis otomotif terkini lainnya-All New Jimny Meluncur, SIS Survei Harga.

CATEGORIES
TAGS
Share This